Mundurnya sutradara dari sebuah proyek film sepertinya menjadi sebuah hal yang sering terjadi beberapa waktu belakangan ini. Banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang sutradara mundur dari proyek yang sedang dikerjakannya. Kabar terbaru adalah mundurnya Joss Whedon dari proyek film Batgirl. Dalam sebuah pernyataan, Whedon memutuskan untuk mengundurkan diri dari proyek film tersebut karena tidak memiliki cerita untuk film tersebut.

Kabar ini kemudian dikonfirmasi oleh Whedon pada saat premiere film Avengers : Infinity War kemarin. Dia beribcara dengan Variety di karpet merah dan menjelaskan apa yang terjadi dengan film Batgirl. Whedon mengatakan bahwa ada beberapa elemen yang tidak bekerja dalam proses pembuatan film Batgirl ini. Berikut kutipan pernyataan Joss Whedon.

“kau tahu, aku merasakannya ( sesuatu yang tidak beres ) sejak tahun pertama aku mempresentasikan ceritanya. Banyak yang terjadi di tahun tersebut. Dan aku merasa beberapa elemen kemungkinan tidak bekerja. Dan ceritanya hancur di tanganku. Ada beberapa elemen-elemen yang aku tidak kuasai, yang setelah beberapa waktu lama, aku merasa aku tidak bisa melakukannya. Jadi, aku berbicara kepada semuanya aku tidak memiliki ide (untuk film Batgirl), yang tidak sepenuhnya benar. Aku punya idenya. Hanya saja rasanya tidak pas dengan apa yang aku kerjakan saat itu.”

 

Meskipun Joss Whedon mundur sebagai sutradara namun, film Batgirl mendapat seorang penulis skrip baru dan sedang melaju ke arah yang baru. Hal ini tentu bukan hal yang biasa terjadi di DC Studio. Selama beberapa tahun terakhir, DC sudah mengumumkan beberapa proyek filmnya. Tapi, hanya beberapa dari proyek tersebut yang membuahkan hasil.

Saat ini, hanya film Aquaman dan Shazam! yang mempunyai kepastian kedepannya. Wonder Woman 2 pun kini sudah memiliki jadwal rilis dan Patty Jenkins pun sudah kembali bergabung ke dalam film. Film Flashpoint kini sedang dalam pengembangan dan mudah-mudahan tidak ada perubahan terjadi. Beberapa film juga sudah diumumkan namun, belum ada pernyataan resmi dari pihak DC.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.