Selama satu dekade Marvel Cinematic Universe telah menyuguhkan berbagai aksi dari para Superhero ikoniknya, mulai dari solo-movie hingga film crossover franchise ini yang kita sebut dengan Avengers. Kesuksesan MCU pastinya tak luput dari aksi pemerannya yang berhasil menghipnotis banyak fans dengan karakter yang dimainkan, seperti halnya Robert Downey Jr yang ikonik dengan karakter Iron Man, Chris Hemsworth berperan sebagai Thor dan Chris Evans yang berperan sebagai Steve Rogers alias Captain America.

Tahun ini sepertinya menjadi momen yang spesial bagi MCU dan bagi para fans-nya, karena selain merayakan ulang tahun MCU, mereka juga memberi kado ‘spesial’ kepada penggemarnya dengan merilis Avengers : Infinity War pada akhir bulan April ini. Namun ditengah kesuksesan MCU, beberapa waktu lalu sempat muncul kabar miring dari salah satu aktor utama MCU, yaitu Chris Evans. Aktor yang memulai debutnya sebagai Captain America pada tahun 2011 itu, belum lama ini menyatakan bahwa setelah Avengers 4 dirinya tidak akan memperpanjang kontraknya alias pensiun, dan pastinya kamu merasa kecewa dengan keputusan Chris Evans tersebut.

Lantas, apakah ini merupakan tanda-tanda Captain America bakal mati di Avengers 4? Misalkan hal tersebut akan terjadi, ada kemungkinan lima karakter ini berpotensi menggantikan Captain America di MCU. Nah, mau tau siapa saja? Yuk simak pembahasannya dibawah ini Geeks!


Bucky Barnes (The Winter Soldier)


Pastinya kamu tau dong dengan teman baik Steve Rogers ini, jadi tak heran bila Bucky Barnes menjadi salah satu kandidat kuat menggantikan Captain America. Dalam cerita komiknya, Captain America berhasil memulihkan pikiran jahat sahabatnya tersebut dari kendali jahat HYDRA. Namun tak lama setelah pikiran Bucky Barnes kembali normal, Captain America terbunuh saat akhir perang Civil War. Setelah kematian Captain America, Bucky Barnes dihampiri oleh Tony Stark dan memberi sepucuk surat kepada Bucky yang ditulis oleh Steve Rogers sebelum kematiannya, surat tersebut berisi bahwa Steve Rogers telah meminta kepada Tony Stark agar Bucky Barnes menjadi penerus Captain America.

Bucky pun akhirnya menerima permintaan dari temannya tersebut dan memutuskan untuk menjadi Captain America. Selama menjadi Captain America, Bucky membuktikannya dengan sangat layak dengan berbagai aksi heroik menyelamatkan dunia, bahkan bergabung dengan Avengers. Sayangnya, hal tersebut tak berlangsung lama, karena masa lalu Bucky Barnes sebagai seorang penjahat terbongkar, dan Bucky akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan kostum Captain America kembali karena tidak ingin menodai nama baik Captain America.


Sam Wilson (Falcon)


Selain Bucky Barnes menjadi teman baik Steve Rogers, Samuel Thomas Wilson atau Sam Wilson juga menjadi teman sekaligus partner Captain America, dan hal tersebut terbukti saat dirinya membantu misi Cap di film Captain America : The Winter Soldier (2014). Nah ternyata, Sam Wilson atau Falcon sempat mewariskan kostum Captain America ketika serum yang ada didalam tubuh Steve Rogers habis, sehingga menjadikannya sebagai pria paruh baya. Steve Rogers pun mempercayai kepada Sam Wilson untuk mengenakan kostum Captain America mililknya.

Selama dirinya menjadi Captain America, Sam Wilson telah membuktikan dirinya sebagai Captain America menggantikan Steve Rogers, bahkan ia pun pernah memimpin tim Avengres. Namun, tak lama setelah dirinya menjabat sebagai Captain America, banyak kontoversi yang bermunculan karena Sam Wilson dipercaya tidak bersifat netral dan sering berbicara tentang isu-isu liberal. Sepertinya peran Sam Wilson sebagai Captain America akan cukup lama, di Marvel Universe, jika komik All-New, All Different Marvel resmi dirilis.


John Walker (U.S. Agent)


Meskipun Captain America menjadi Superhero yang sangat patriotik, Steve Rogers sering dihadapkan dengan hal yang bertentangan dengan pemerintah Amerika. Pertentangan tersebut timbul saat Steve berkeinginan untuk mewakili masyarakat Amerika daripada mengandalkan kepimpinan kelompok politik. Di salah satu komik Marvel yang dirilis pada tahun 1986, keadaan ini semakin memburuk hingga Steve Rogers menyerah dengan argumen yang ia pegang dan memutuskan untuk mencopot jabatannya sebagai Captain America. Pemerintah Amerika pun akhirnya memutuskan untuk mencari pengganti Steve Rogers, dan pilihan pun jatuh kepada seorang mantan Superhero bernama John Walker.

John Walker memiliki background kehidupan yang buruk, ia dilatih habis-habisan untuk meniru kekuatan Steve Rogers. Setelah, John Walker menjadi Captain America, berbagai aksinya bisa dikatakan kelewat batas, karena selama pertempurannya John secara tidak sadar membunuh warga sipil yang tak bersalah. Akibat perbuatannya itu, John Walker mendapat tekanan yang sangat besar, sampai suatu saat Steve Rogers datang untuk membantu John melawan Red Skull dan John pun merasa terhormat atas bantuan dari Steve Rogers. Akhirnya, John Walker memutuskan untuk kembali menjadi U.S Agent dan sempat bergabung dengan Avengers.


Isaiah Bradley (Black Captain America)


Dalam cerita Marvel Universe, Dr. Erskine bukan satu-satunya ilmuwan yang menciptakan serum yang mengubah tubuh Steve Rogers menjadi kuat. Pada tahun yang sama saat proyek serum dijalankan ke Steve Rogers, sebuah proyek lain yang tersembunyi dijalankan oleh pemerintah Amerika untuk bereksperimen kepada 300 orang tentara turunan Afrika-Amerika. Namun, eksperimen tersebut dianggap gagal dan mengakibatkan banyak tentara yang mati, dan Isaiah Bradley adalah tentara yang beruntung karena dirinya mampu selamat dari eksperimen gagal itu.

Setelah tubuh Isaiah menjadi kuat, ia memutuskan pergi ke Jerman untuk menghentikan pengembangan eksperimen Super Soldier Serum oleh Dr. Kosh, sekaligus mengancurkan perkampungan Nazi di kota Schwarzebitte. Tapi, sebelum Isaiah pergi ke Jerman, ia mencuri kostum dan perisai Captain America, setelah ia berhasil dengan misinya tersebut Isaiah ditangkap karena kedapatan mencuri kostum dan perisai Captain America. Akhirnya Isaiah banyak menjalani hidupnya di penjara dan sering mengalami kejadian buruk didalam tubuhnya akibat efek dari serum. Pada tahun 1960, Isaiah Bradley bebas dan bersumpah untuk menjaga kerahasiaan tentang pengalaman pahitnya.


Frank Castle (The Punisher)


Apakah sebelumnya kamu sempat menyangka bahwa anti-hero ini akan menjadi Captain America? Nah, cerita ini berawal saat Steve Rogers terbunuh di akhir cerita Civil War dan secara mengejutkan The Punisher berpotensi untuk menjadi Captain America. Nah, seperti yang kamu tahu, sebelumnya Frank Castle adalah seorang tentara dan ia mengaku bahwa hidupnya banyak terinspirasi oleh cerita Captain America dan Frank Castle adalah seorang penggemar Captain America yang menganggap bahwa Steve adalah pahlawan sejati. Setelah mengetahui kematian Steve Rogers, The Punisher memutuskan untuk mengenakan kostum Captain America untuk meneruskan warisan superhero tersebut.

Meskipun telah memutuskan untuk menjadi seorang Captain, sifatnya yang jahat dan brutal masih ada di dalam diri Frank Castle. Ia secara diam-diam mencuri topeng Captain America dan mengenakan kostum Captain America dengan dipadukan logo tengkorak ciri khas The Punisher. Sesaat dirinya hendak pergi ke Meksiko, sampai pada akhirnya ia berhadapan dengan sahabat Steve Rogers yaitu Bucky Barnes. Frank dan Bucky akhirnya berduel satu sama lain, dan ternyata Bucky-lah yang mendominasi duel tersebut.

Nah Geeks, itulah lima karakter Marvel Universe yang sempat menggantikan Captain America saat Steve Rogers mati. Tentu, kematian Captain America di MCU masih rahasia besar Marvel Studio, atau mungkin saja kamu akan melihat tanda-tanda ‘akhir’ Captain America di film Avengers : Infinity War nanti. Menurut kamu, karakter manakah yang cocok untuk menggantikan Steve Rogers sebagai Captain America? Atau kamu punya versi masing-masing? Yuk, share pendapatnya dibawah ini Geeks!