Bila membahas dua publisher besar Marvel dan DC seperti tak ada habisnya, karena mereka telah lama menjadi saingan yang kuat untuk saat ini. Kamu pasti tahu kan gimana serunya persaingan ‘big duo’ dalam versi komik maupun movie, meskipun untuk versi movie-nya saat ini Marvel Studio bisa dikatakan lebih melesat dibanding DC dengan franchise Marvel Cinematic Universe. DC pun seolah tak mau kalah dengan apa yang dilakukan Marvel Studio, dengan menggaet studio besar Warner Bros, DC Extended Universe mulai perlahan bangkit dengan mengumumkan berbagai proyek solo movie Superhero terbarunya.

Persaingan DC dan Marvel ternyata bukan dari hal itu saja Geeks, dua publisher ini sempat melakukan ‘crossover’ sehingga masing-masing dari karakter Superhero DC dan Marvel saling berduel satu sama lain. Nah, pembahasan kali ini kita akan beri kamu lima epic battle yang pernah dilakukan oleh para karakter Superhero DC dan Marvel. Mau tau siapa aja? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.


Superman Vs. Spider-Man


Pada tahun 1975, Marvel dan DC sempat bekerja sama untuk merilis buku komik yang berjudul MGM’s Marvelous Wizard of Oz Vol.1. Setahun setelah itu atau tepatnya pada tahun 1976, DC dan Marvel merilis komik Crossover berjudul Superman Vs. The Amazing Spider-Man: The Battle of the Century sekaligus menandakan kedua kalinya dua publisher tersebut berkolaborasi. Komik yang digarap oleh penulis Gerry Conway dan ilustrasi oleh Ross Andru ini menceritakan tentang Superman dan Spider-Man yang bekerja sama untuk menghentikan dua villain utama mereka yaitu Lex Luthor dan Dr. Octopus yang berambisi untuk menguasai dunia. Tapi saat pertama kali bertemu, Superman dan Spider-Man terlibat kesalah pahaman satu sama lain dan akibatnya mereka saling bertengkar.

Pertengkaran mereka diawali pada saat Peter Parker yang merupakan fotografer koran dan pasangan Mary Jane menghadiri konfrensi di kota New York. Clark Kent dan Lois Lane pun datang dari Metropolis untuk menghadiri konfrensi yang menampilkan satelit baru. Suatu ketika, Lex Luthor datang dengan menyamar sebagai Superman dan menculik Lois Lane dan Mary Jane. Keadaan tersebut memaksa Superman menyalahkan Spider-Man karena yang menyebabkan kedua wanita itu hilang, akibatnya mereka bertengkar satu sama lain. Spider-Man yang menghentikan duel tersebut menyadari Superman bahwa ini adalah ulah dari Lex Luthor dan Dr.Octopus, akhirnya mereka pun akhirnya berdamai.


Batman Vs. Hulk


Komik crossover DC & Marvel selanjutnya berjudul DC Special Series #27 yang dirilis pada tahun 1981. Pertarungan antara Batman dan Hulk berada di cerita ‘The Monster and the Madman’ garapan penulisn Len Wein dan ilustrator Jose Luis Garcia-Lopez. Cerita dalam komik ini, Bruce Banner bekerja sebagai peneliti di WayneTech untuk proyek alat terbaru yang disebut Gamma-Gun. Alat tersebut adalah sebuah perangkat yang dirancang untuk menyembuhkan penyakit seseorang. Bruce Banner yang kebetulan terlibat dalam proyek itu, berharap bahwa dia akan sembuh dari penyakitnya dengan menggunakan ala itu.

Tapi suatu ketika Joker secara diam-diam menyusup ke WayneTech untuk mencuri Gamma-Gun, kekacauan pun telah dimulai saat Bruce Banner berubah menjadi Hulk dan pada akhirnya kegaduhan pun didengar oleh Batman. Namun, Joker berhasil menghasut Hulk bahwa Batman adalah musuhnya sehingga Hulk akhirnya menyerang Batman dan Joker berhasil lolos dengan membawa Gamma-Gun. Karena ukuran tubuh mereka yang tak sepadan, Batman pun akhirnya menyerang Hulk dengan menggunakan gas knockout yang ia keluarkan dari Utility Belt-nya.


Wolverine Vs. Lobo


Selanjutnya dalam komik berjudul DC vs Marvel yang dirilis pada tahun 1996 ini sudah jelas bahwa komik garapan penulis Ron Marz dan ilustrator Dan Jurgens menampilkan pertarungan apik dari para karakter DC Universe dan Marvel Universe. Sedangkan pertarungan Wolverine dan Lobo ini merupakan hasil voting dari para pembaca bersama empat pertarungan karakter lainnya dan duel sengit antara Wolverine dan Lobo ini langsung disuguhkan dalam edisi pertama komik DC vs Marvel.

Kedua karakter Anti-Hero itu bertarung di sebuah bar yang menjadi tempat favorit Lobo. Wolverine yang datang langsung menerima pukulan hebat dari Lobo dibagian dadanya, dengan kekuatan healing factor yang dimiliki Wolverine, ia dengan cepat mampu unggul dalam pertarungan dengan menyerang Lobo dengan cakar Adamantium-nya. Pertarungan sengit itu pun akhirnya dimenangkan oleh Wolverine dengan sebelumnya ia mengolok-olok makhluk intergalaksi lainnya bahwa Lobo lah yang memenangkan duel itu. Tapi Wolverine yang muncul dibalik meja bar, langsung menghisap cerutu dengan santai.


Storm Vs Wonder Woman


DC dan Marvel pastinya memiliki dua superhero wanita terkuat mereka, seperti Storm dan Wonder Woman ini. Sama halnya dengan Wolverine Vs. Lobo, pertarungan dua karakter ini merupakan hasil voting dari para pembaca komik yang hadir dalam komik DC Vs Marvel tahun 1996. Yang menarik dalam duel tersebut, Wonder Woman mampu memegang Mjolnir saat ia hendak melawan Storm. Tapi, Wonder Woman akhirnya memutuskan untuk menggunakan kekuatan yang ia miliki, alih-alih bahwa bertarung dengan senjata itu merasa tidak adil.

Pada akhirnya, Wonder Woman melawan Storm dengan kekuatan yang sudah ia miliki dan berbicara kepada Storm “The victory’s still going to be mine!”, sedangkan Storm sepertinya tak mau kalah dan ingin menunjukan kekuatannya kepada Wonder Woman bahwa ia merupakan mutan yang sangat kuat. Meskipun Wonder Woman adalah ksatria wanita Amazon, pertarungan tersebut berhasil dimenangkan oleh Storm dengan kekuatan petir yang ia miliki. Ketika Wonder Woman menolak untuk menyerah, Storm akhirnya terus menerus menyerang Wonder Woman sambil berkata “Forgive me, sister” dan tubuh Wonder Woman yang tak sadarkan diri akhirnya diangkat oleh Storm.


Silver Surfer Vs. Green Lantern


Duel karakter DC dan Marvel yang terakhir ini masih berada di komik yang sama yaitu DC vs Marvel (1996) edisi ketiga. Seperti yang kamu tahu, bahwa pertarungan ini melibatkan dua karakter pelindung galaksi, sedangkan Green Lantern di cerita ini adalah versi Kyle Rayner yang merupakan Green Lantern kelima. Kedua karakter tersebut bertarung akibat keadaan yang telah memaksa mereka untuk melakukannya, setelah sebelumnya Green Lantern dan Silver Surfer bekerja sama untuk mengalahkan Parallax dan Thanos.

Dengan keadaan dari masing-masing mereka yang terpaksa, keduanya sulit untuk menahan agar segera bertarung satu sama lain. Setelah itu, mereka pun mengetahui bahwa duel ini menjadi satu-satunya cara untuk menyelamatkan salah satu diantara Home-base mereka. Saat pertarungan awal mereka, Green Lantern (Kyle Rayner) mampu menyerang Silver Surfer beberapa kali, tapi tetap saja ia belum bisa mengalahkan Silver Surfer. Ketika Green Lantern mengeluarkan kekuatan terakhirnya, Silver Surfer masih bisa bangkit dan muncul ditengah-tengah kekuatan Green Lantern. Pada akhirnya, Silver Surfer mampu memenangkan pertarungan galaksi dengan Green Lantern dan Silver Surfer berkata bahwa ketika dia menang, ia tidak pernah menyesali kekalahan lawannya.

Nah, itulah beberapa epic battle saat DC dan Marvel melakukan crossover di beberapa rilisan komik. Menurut kalian manakah duel yang paling seru dan membuat kamu ingin lebih tau jalan ceritanya? Atau kamu punya versi epic battle DC & Marvel sendiri? Beri pendapat dan masukan kalian di kolom komentar ya Geeks!