Sejauh ini keberadaan buku komik pastinya identik menyuguhkan cerita superhero, seperti halnya yang dilakukan oleh tiga publisher komik terbesar saat ini yaitu Marvel, DC dan Valiant yang mampu mendominasi pasar terbesar di dunia dalam perdagangan buku komik. Tapi, apakah diantara kalian gemar membaca komik non-superhero dengan mengusung tema horror? Ternyata, komik horror pun saat ini sedang mengalami ‘kebangkitan besar’ berkat munculnya publisher komik independen yang sudah eksis dari tahun 90-an.

Bagi kalian yang gemar atau mulai tertarik membaca komik horror, sepertinya saat ini menjadi momen yang pas untuk mengikuti setiap edisi komiknya. Kali ini, kita akan merekomendasikan delapan judul komik Horror yang patut untuk diikuti ceritanya. Penasaran? Simak deretan komiknya dibawah ini Geeks!

 


Harrow County


Komik pertama ini merupakan rilisan dari publisher Dark Horse Comics yang digarap oleh penulis Cullen Bunn dan digambar oleh Tyler Crook. Komik berjudul Harrow County ini dibaluti oleh tema Ghotic dengan menceritakan tentang seorang karakter bernama Emmy yang mempelajari sesuatu energi bahwa ia memiliki hubungan dengan monster yang hidup di hutan yang gelap saat dirinya beranjak di usia 18 tahun. Disamping itu keberadaan Emmy sempat diancam oleh warga kota, karena ia merupakan reinkarnasi dari penyihir kuat dan jahat, yang dimana kematian penyihir tersebut bersamaan dengan hari kelahiran Emmy. Jadi pada akhirnya, Emmy harus memiliki hubungan dengan monster agar ia dapat bertahan hidup dari kekuatan sihir ditubuh Emmy.

Sedangkan pada tahun 2015, channel TV SYFY sempat memiliki rencana untuk mengadaptais komik Harrow County menjadi serial TV. Akan tetapi, kelanjutan mengenai kabar tersebut masih belum kepastian, dan tak menutup kemungkinan bila Harrow County ini akan segera diangkat menjadi serial TV, mengingat series komik Harrow County menjadi salah satu komik horror yang digandrungi saat ini. Bagi kalian yang tertarik membaca Harrow County, kalian bisa baca dari sekarang sebelum kisah komiknya berakhir pada bulan Juni tahun ini.


Afterlife With Archie


Komik yang ditulis oleh Roberto Aguirre-Sacasa dan gambar oleh Francesco Francavilla ini merupakan cerita komik Zombie yang juga melibatkan beberapa karakter Riverdale seperti Betty, Jughead, Veronica, Archie, Josie dan Pussycat yang harus berurusan dengan kekerasan, kekuatan sihir jahat, bahkan kebrutalan Zombie. Sepanjang cerita komik Horror satu ini, Roberto Aguirre banyak melibatkan unsur dari estetika Horror era tahun 70-an seperti yang dilakukan oleh komikus horror legendaris Amerika yaitu H.P. Lovecraft.

Roberto Aguirre-Sacasa menjadi salah satu penulis komik horror fenomenal saat ini, pasalnya komik yang ia garap selain Afterlife With Archie, akan masuk ke dalam perpustakaan series Netflix yaitu Chilling of Adventures of Sabrina. Banyak fans yang beragumen bahwa sebelum kalian membaca komik Chilling Adventures of Sabrina atau menyaksikan seriesnya nanti, kalian harus mengetahui bagaimana kesan horror atau darkness yang disajikan oleh Roberto Aguirre melalui komik Afterlife With Archie ini dari segi karakternya.


Wytches


Meskipun hanya dirilis enam edisi saja, komik garapan penulis Scott Snyder dan ilustrator Jock ini telah berhasil memikat para penggemar horror. Komik yang pertama kali dirilis pada tanggal 8 Oktober 2014 dan berakhir pada bulan Maret 2015 ini menceritakan tentang keluarga yang memutuskan untuk pindah ke kota bernama New Hampshire setelah mereka ditimpa insiden bullying. Keluarga tersebut ingin menjalani kehidupan yang baru di kota kecil dan berhutan tersebut, namun hingga akhirnya mereka menyadari bahwa ada kekuatan jahat yang mengintai mereka.

Sesuai dengan judulnya, kekuatan tersebut berasal dari penyihir yang jahat serta berbagai monster yang lebih mengerikan dengan ilustrasi yang seolah cerita dalam komik ini terasa lebih ‘hidup’. Berkat cerita komik Wytches yang menggabungkan drama keluarga dan horror, kalian mungkin akan ketagihan untuk membacanya, apalagi dalam edisi perdana Wytches kalian langsung disuguhi berbagai cerita yang bisa dibilang brutal.


Uzumaki


Dari judulnya mungkin kalian bisa langsung menebak bahwa komik ini berasal dari Jepang. Junji Ito adalah salah satu komikus jepang yang dikenal dengan berbagai karya berbau Horrornya dengan meyuguhkan kesan yang sedikit agak ‘nyeleneh’ dari cerita Horror biasanya. Seperti dalam komik Uzumaki garapannya ini, kalian akan disuguhi cerita tentang sebuah kota kecil yang aman dan tentram bernama Kurozo. Namun, suatu ketika kota tersebut dikutuk yang membuat warganya mengalami kejadian aneh, seperti organ tubuh mereka berubah menjadi spiral.

Dengan menyuguhkan berbagai cerita aneh dan agak sedikit menjijikan, banyak yang membandingkan Junji Ito dengan sutradara David Cronenberg, namun Junji hanya untuk versi manga, mengingat berbagai film karya sutradara David Cronenberg pun sering menyuguhkan adegan horror yang aneh dari tahun 80-an. Sedangkan Uzumaki sendiri sempat diadaptasi menjadi video game dan film live-action Jepang.


Southern Cross


Sekilas dari gambarnya mungkin kalian langsung terbesit bahwa komik ini merupakan komik Sci-fi yang jauh dari kesan horror. Tapi komik garapan Becky Cloonan ini bisa dikatakan cukup unik, karena menggabungkan antara berbagai macam unsur, seperti Horror, Sci-fi, hingga pembunuhan. Komik ini menceritakan seorang wanita Alex Braith yang memutuskan berpetualang ke Bulan untuk menemukan adik perempuannya yang hilang secara misterius. Selama petualangannya, Alex mengalami banyak gangguan aneh sehingga komik ini menyajikan banyak momen yang mengejutkan sehingga membuat kalian akan ketagihan untuk membaca ceritanya.

Sedangkan Becky Cloonan sendiri banyak dikenal sebagai comic creator DC dan salah satu karyanya yang fenomenal adalah Gotham Academy yang dirilis pada tahun 2014 dan berakhir pada bulan Agusutus 2017. Bagi kalian yang penasaran tentang Southern Cross, pastikan untuk segera membacanya, karena komik ini masuk ke jajaran komik ongoing.

Nah, itulah lima komik yang kami rekomendasikan bagi kalian yang gemar membaca komik Horror. Lalu, dari lima komik tersebut manakah yang mencuri rasa penasaran untuk mengetahui lanjutan kisahnya? Atau bahkan kalian memiliki rekomendasi komik horror lain? Beri ulasan dan pendapatanya di kolom komentar dibawah ini ya Geeks!