Seperti yang kita ketahui Geeks, aturan palu mistis milik Thor ini cukup sederhana, “siapa pun yang memegang palu ini, jika dia layak, maka akan memiliki kekuatan Thor”. Itu adalah pesan yang terpampang di Mjolnir, tetapi masih belum jelas bagaimana penentuan layak tidaknya untuk bisa mengangkat palu tersebut. Setidaknya, di MCU, tepatnya di Avengers: Age of Ultron para Avengers mencoba membuktikan kelayakan itu. Namun tidak ada satupun yang berhasil ( kecuali Vision ).

Kelayakan tersebut tidak bersifat tetap, tetapi lebih kepada sesuatu yang tergantung pada keadaan, yang dapat berubah seiring waktu. Bahkan Thor pun beberapa kali kehilangan ‘kelayakannya’ untuk mengangkat Mjolnir. Maka tak heran, gelar superhero saja tidak cukup untuk mengangkat Mjolnir. Lalu siapa saja karakter yang sempat ‘layak’ untu menggunakan Mjolnir? Simak di bawah ini ya Geeks!


Wonder Woman


Pada tahun 1996, DC Comics dan Marvel telah mengejutkan para penggemar dengan membuat miniseries crossover antara Justice League America dan Avengers. Yang memperlihatkan karakter klasik DC dan Marvel, ini adalah deathmatch antara superhero. Wonder Woman pada kala itu bertarung dengan Storm dari X-Men.

Ketika pertarungan antara Thor dan Shazam, tiba-tiba Thor kehilangan kekuatannya dan Mjolnir pun hilang entah kemana. Tanpa di sadari Mjolnir terkirim ke pertarungan Wonder Woman dan Storm, dengan mudahnya Wonder Woman mengakat palu tersebut dan diberikanlah kekuatan Thor pada dirinya. Pada akhirnya Wonder Woman tidak menggunakan kekuatan tersebut, dengan begitu iya pun kalah dan Storm membawa pulang kemenangan.


Superman


Setelah pertarungan antara JLA dan Avengers, beberapa tahun setelah itu. Mereka kembali melakukan crossover namun kali ini JLA dan Marvel dihadapkan dengan dewa gila bernama Krona. Pada pertempuran terakhir satu per satu dari kedua kubu tersebut bertempur melawan Krona, tetapi karena kekuatan Krona yang dahsyat mereka pun kalah.

Ketika barisan mereka tinggal sedikit lagi, Thor membuat keputusan untuk membiarkan Superman menggunakan Mjolnir, karena sebelumnya Superman telah dipercaya oleh Cap America untuk menggunakan perisainya. Triknya kelayakan untuk memegang Mjolnir ada disini, Odin menghapus pesona kelayakan dari Thor, dan Superman mampu menggunakannya. Namun selaku penulis dari crossover ini yaitu Kurt Busiek mendefinisikan kelayakan tersebut bukan sekedar kualitas namun kelayakan tersebut bisa bermacam-macam. Pada kasus ini demi mengalahkan Krona adalah tujuan yang layak untuk Mjolnir.


Thunderstrike


Bernama asli Eric Masterson, ia memiliki bakat yang membuat kisah kepahlawanannya sangat tradisional, Eric sendiri adalah manusia biasa yang mampu menemukan dirinya dalam keadaan yang luar biasa. Eric Hanyalah seorang pekerja kontruksi, ketika ia berhubungan dengan The God of Thunder, ia hampir terbunuh karena pertarungan antara Thor dan Mongoose. Karena kebaikan dari Eric, Odin menyelamatkan hidup Eric dengan menggabungkan Thor Dan Eric menjadi satu Orang.

Untuk sementara, Eric berfungsi sebagai identitas manusia dari Thor ketika ia tidak mengentakan palunya. Dan inilah sebabnya ia bisa menggunakan Mjolnir, namun pada akhirnya Eric dan Thor dipisahkan kembali. Karena kelayakan itulah Odin membuat senjata baru untuk Eric, senjata gada bernama Thunderstrike.


Deadpool


Siapa yang tak kenal Deadpool, seorang pembunuh bayaran yang mematikani. Deadpool telah di manipulasi oleh Loki untuk mencuri Mjolnir. Ketika Thor dalam misi heroiknya, ia ceroboh dan menjatuhkan palunya, disitulah kesempatan Deadpool untuk mengambilnya. Saat Deadpool mengambil palu tersebut tiba-tiba kekautan dewa mengalir dalam tubuhnya dan Thor kehilangan kekuatannya.

Seperti yang kita tahu Deadpool menggunakan Mjolnir hanya untuk kesenangannya, seperti memesan makanan cepat saji, bermain game di festival, bahkan mengganggu pertandingan baseball. Namun, setelah ditelusuri itu bukanlah Mjolnir yang asli, yang asli masih tergeletak ditempat pertama kali Deadpool menemukannya. Palu tersebut adalah tiruan yang dibuat loki yang memberikan Deadpool ilusi tentang kekuatan dewanya. Meskipun, itu tiruan, nampaknya telah menyebabkan banyak masalah bagi semua orang.


Magneto


Marvel Ultimate Universe adalah dunia alternatif yang dikenal lebih gelap dari Marvel Universe utama. Dalam Ultimate Universe ini, Magneto kehilangan anak-anaknya yaitu Quicksilver dan Scarlet Witch, dengan kesedihan yang sangat mendalam dan mendorongnya kepada tindakan yang ekstrim. Kekuatan elektromagnetik dari Magneto telah berevolusi lebih kuat dari sebelumnya, yang memberikan kemampuan untuk memanipulasi semua jenis logam. Dengan kekuatan manipulasi tersebut, bahkan bisa memanipulasi Mjolnir yang terbuat dari logam uru.

Nah itulah kedelapan karakter yang bisa mengangkat Mjolnir, dari karakter di atas adakah karakter favorit kalian? Jika ada karakter yang bisa mengangkat Mjolnir selain diatas, kalian bisa tulis di kolom komentar di bawah ini ya Geeks!