Berjalan satu dekade kiprah Marvel Cinematic Universe menyajikan berbagai film adaptasi komik superhero Marvel, pada tahun 2018 ini mereka sudah bersiap untuk menyuguhkan rangkuman perjalanan panjang MCU melalui film teranyar sekaligus terbesar mereka yaitu Avengers : Infinity War. Dalam film garapan duo sutradara Russo Brother’s ini dipastikan menjadi film yang menggabungkan seluruh superhero MCU untuk melawan villain terbesar mereka ‘Titan Mad’ Thanos. Ditengah kemeriahan menyambut Avengers 3 pada bulan April mendatang, sang sutradara telah memberi sedikit bocoran mengenai solo movie MCU yang akan sering dihubungkan pasca cerita Avengers : Infinity War.

Baru-baru ini Anthony Russo dan Joe Russo berbicara kepada Screenrant saat event promo Avengers : Infinity War. Dalam wawancaranya mereka membahas tentang proses masuknya cerita Avengers : Infinity War ke dalam franchise MCU yang luas ini. Mereka menegaskan bahwa setiap film memiliki beberapa bentuk koneksi dengan tim Avengers dan secara mengejutkan bahwa film Ant-Man & The Wasp akan menjadi film yang banyak memiliki hubungan cerita setelah Avengers 3. Simak pernyataan dari Joe Russo dibawah ini :

“Joe Russo: Mereka memimpin dengan cara mereka sendiri, Marvel selalu melakukan yang baik dalam segmentasi film sehingga anda dapat memiliki pengalaman tersendiri disetiap filmnya. Sedangkan elemen cerita yang akan benar-benar mengarah ke cerita ini (Avengers : Infinity War) adalah Ant-Man & The Wasp yang mungkin akan memiliki beberapa elemen yang terkait.”

Meskipun penjelasan dari Joe Russo belum bisa diyakinkan secara pasti, tentunya berita ini patut kalian ikuti pasalnya yang kita tahu bahwa solo movie Ant-Man (2015) sebelumnya tidak ada berkaitan dengan film solo MCU lainnya, karakter ini baru berinteraksi dengan para karakter MCU lain kecuali dalam Captain America : Civil War saja. Sedangkan dalam dua promo trailer Avengers : Infinity War kita belum melihat Scott Lang mengenakan kostum Ant-Man kepunyaannya. Mengenai kepastian hubungan cerita Ant-Man & The Wasp dengan Avengers : Infinity War, pastinya sudah dapat kalian temukan saat Avengers 3 dirilis.


Quantum Realm Elemen Penting MCU


Bila kita melihat timeline jadwal rilis dari tiga film MCU tahun ini tak dapat disangkal bila Ant-Man & The Wasp akan memiliki cerita yang sering terkoneksi dengan Avengers 3, karena film tersebut berselang sekitar tiga bulan setelah Avengers 3 dirilis. Disamping hal tersebut, salah satu aspek dalam film Ant-Man yaitu Quantum Realm akan menjadi hal yang penting bagi cerita lanjutan MCU.

Hal tersebut sebelumnya telah disinggung oleh pemeran The Wasp yaitu Evangeline Lilly saat dirinya menghadiri sesi tanya jawab yang diadakan oleh Vanity Fair tahun lalu. Menurut Lilly, Quantum Realm tidak hanya menjadi elemen di film Ant-Man saja tapi berpotensi juga untuk menghubungkan film Avengers 4 dan beberapa film MCU kedepannya. Selain Evangeline Lilly, CEO Disney yaitu Bob Iger mengaskan bahwa MCU Phase 4 akan menjelajahi dunia yang belum kita ketahui sebelumya dan dunia Quantum Realm ini akan masuk kedalam kategori tersebut.


Janet Is Back!


Seperti yang kalian ketahui bahwa putri Hank Pym yaitu Hope van Dyne dinobatkan sebagai The Wasp untuk menggantikan ibunya Janet Van Dyne yang hilang. Dalam film Ant-Man pertama, Hank Pym bercerita kepada putrinya tentang bagaimana awal mula ibunya terjebak di Quantum Realm akibat menyusut terlalu kecil sehingga akibatnya terjebak di Quantum Realm.

Beberapa kabar menyebutkan bahwa Janey van Dyne akan kembali dari Quantum Realm, dibuktikan pada saat beberapa foto produksi Ant-Man 2 menampilkan aktris Michelle Pfeiffer yang memerankan ibu serta istri dari Hank Pym. Jadi tak dipungkiri lagi bahwa Quantum Realm akan menjadi elemen penting bagi cerita Ant-Man & The Wasp sekaligus MCU mengingat Ant-Man dan The Wasp akan bergabung bersama para tim Avengers.