Selain Ready Player One, 5 Light Novel Ini Juga Bertema Virtual Reality!

Film Ready Player One sebentar lagi bisa disaksikan di bioskop-bioskop, mulai dirilis tanggal 29 Maret di Amerika. Film ini diangkat dari novel berjudul serupa yang mengambil tema virtual reality di era masa depan yang tengah dalam kondisi krisis energi. Dalam film Ready Player One, tokoh utama bernama Wade Owen Watts yang diperankan oleh Tye Sheridan berpetualang dalam game virtual reality berjudul OASIS. Game ini benar-benar menjadi surganya para gamer.

Dalam OASIS, para pemainnya tak hanya bisa merasakan seperti terjun langsung ke dunia lain. Di waktu yang sama, mereka juga bisa berlomba-lomba menemukan easter eggs yang sengaja ditanam oleh pendiri OASIS, James Halliday (diperankan Mark Rylance).

Siapapun yang berhasil menemukan easter eggs tersebut akan mendapatkan warisan kekayaan serta perusahaan milik Halliday. Sontak saja, banyak gamer OASIS yang berlomba-lomba mendapatkan easter eggs tersebut, biasa disebut gunter alias egg hunter.

Nah, itu sekilas preview dari film Ready Player One. Perlu diketahui, novel Ready Player One yang ditulis oleh Ernest Cline dan dipublikasikan pada tahun 2011 ini bukanlah satu-satunya novel dengan tema virtual reality di pasaran. Kamu juga bisa menemukan light novel lain yang punya tema dan bahkan cerita serupa lho, Geeks! Kalau kamu penasaran, berikut ini adalah 5 light novel tersebut:


1. Legendary Moonlight Sculptor


 

 

Light novel yang satu ini ditulis oleh penulis asal Korea Selatan bernama Nam Heesung. Ceritanya mengisahkan tentang perjalanan gamer bernama Lee Hyun bermain di game virtual reality bernama Royal Road.

Sama halnya dengan OASIS yang dibuat oleh Halliday, Royal Road ini merupakan kreasi dari seorang ilmuwan jenius bernama Yoo Byung Jun. Nah, si Yoo Byung Jun ini mengumumkan kalau siapapun gamer yang bisa membuktikan dirinya sebagai yang terbaik di Royal Road, bakal memperoleh 10% keuntungan perusahaan Unicorn miliknya.


2. ARK


Sama halnya seperti Legendary Moonlight Sculptor, ARK juga merupakan light novel dari Korea Selatan, ditulis oleh Yoo Seong. Novel ini telah tamat dan ditulis dalam 24 volume. Selanjutnya, ada pula sekuelnya yang berjudul Ark The Legend.

Di novel ini, dikisahkan perjalanan seorang gamer bernama Kim Hyun Woo yang jatuh miskin karena orang tuanya meninggal akibat kecelakaan. Dia pun berjuang mencari duit dengan cara bermain game virtual reality bernama New World.

Namun, siapa sangka kalau dalam game ini ternyata tersimpan sebuah rahasia besar. Game ini berjalan dengan tanpa ada game master yang mengaturnya. Seperti OASIS, game New World ternyata menyimpan semacam easter eggs yang memungkinkan siapapun yang memperolehnya menjadi dewa di New World.


3. Haroon


Lagi-lagi novel dari Korea Selatan, berjudul Haroon. Novel ini menceritakan tentang Jung Min yang memiliki karakter bernama Haroon di game virtual bernama Beyond.

Sama seperti film Ready Player One, novel ini mengisahkan kondisi masa depan yang berada dalam krisis energi. Manusia pun harus tinggal dalam kondisi ekstrem. Sementara itu, hanya manusia terpilih yang bisa hidup mewah.

Nah, menariknya, game Beyond bisa mengubah nasib siapapun nih, Geeks! Secara khusus tentunya adalah nasib Jung Min yang jadi tokoh utamanya. Dia memperoleh kapsul virtual reality canggih dari ayah adopsinya yang merupakan seorang peneliti.

Dengan kapsul canggih itu, Jung Min sebagai Haroon memperoleh berbagai skill dan kemampuan hebat dalam game Beyond. Menariknya, kemampuan yang didapatkannya dalam game ternyata bisa pula dipakai di kehidupan nyata. Asyik deh mengikuti cerita novel ini.


4. Infinite Dendrogram


Light novel ini ditulis oleh penulis Jepang bernama Kaidou Sakon. Infinite Dendogram merupakan sebuah game full dive virtual reality massive multiplayer online (VRMMO) yang punya kecanggihan tersendiri dibandingkan game VRMMO lain.

Dalam game ini, seorang gamer bisa mendapatkan pola evolusi dengan potensi tak terbatas. Menariknya, ternyata ada rahasia tersendiri di balik game ini. Bahkan, Infinite Dendrogram tidak sekadar permainan. Karena masih on-going, tak banyak hal yang bisa diceritakan ya.


5. Sword Art Online


Terakhir, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membaca novel berjudul Sword Art Online. Ceritanya agak melenceng sih kalau dibandingkan dengan Ready Player One. Karena dalam game ini, para gamer tak berlomba-lomba untuk menguak misteri yang ada dalam game.

Sebaliknya, Sword Art Online merupakan sebuah game virtual reality yang tiba-tiba berubah menjadi kenyataan. Seorang gamer yang meninggal dalam Sword Art Online akan kehilangan nyawa di dunia nyata. Mereka pun tak bisa logout dari game. Satu-satunya cara keluar dari game adalah menamatkan game ini dan mengalahkan boss terakhir yang ada di lantai 100.

Nah, dari 5 light novel tersebut, ada yang sudah pernah kamu baca gak nih, Geeks?

Created By :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *