DC Entertainment Universe baru baru ini telah mengumumkan bahwa yang akan menjadi villain di Live actions Shazam movie adalah Dr.Sivana, Siapa itu Dr.Sivana? Apasih kekuatannya? Tenang Geeks, bersumber dari komiknya, kita mari kita berkenalan dengan Dr. Sivana, check this out!


Origins


Dokter Thaddeus Bodog Sivana atau yang lebih dikenal dengan Dr.Sivana adalah salah satu villain dari Shazam alias Captain Marvelnya DC. Karakter ini dibuat oleh  Bill Parker dan C. C. Beck. Beck mengatakan bahwa Parker menciptakan nama Sivana dengan menggabungkan nama dewa Siva India dengan kata “nirwana”.  Dalam versi komik, karakter ini muncul pertama kali dalam Whiz Comic seri ke-2 yang diterbitkan oleh Fawcett Comics dan diterbitkan pada Februari 1940. Namun DC Comics baru mendapatkan hak karakter ini dari Fawcett Comics pada tahun 2009.

Dr. Sivana bisa dibilang orang jahat yang brilian dengan tipikal ilmuwan gila layaknya Lex Luthor . Sivana adalah orang pertama yang mengetahui identitas Shazam. Dia telah dikaitkan dengan Monster Society of Evil dan Secret Society. Dia juga memiliki seorang putra, Thaddeus Sivana, Jr., dan seorang putri, Georgia Sivana, yang keduanya mirip dengan sang ayah. Dr.Sivana adalah salah satu orang terkaya di Kota Fawcett. Dengan menggunakan senjata ciptaannya, Sivana telah berkali-kali mencoba mengalahkan Shazam. Namun, Shazam selalu menggagalkan rencana jahatnya dan menghancurkan bisnis Sivana dan fasilitas research yang membuatnya merasa kesal.


Dr. Sivana Ft Fearsome Five


 

Saat komik Shazam selesai, Sivana tidak pernah terlihat lagi sampai dia muncul kembali di komik New Outsiders yang mencoba membantu Fearsome Five. Fearsome Five adalah kumpulan villain yang terdiri dari lima anggota; Gizmo, Jinx, Psimon, Mammoth dan Shimmer. Shimmer meninggal pada saat itu dan tim tersebut meminta agar Sivana menghidupkannya kembali. Setelah beberapa saat, tubuh Shimmer perlahan hidup kembali dari kematiannya, Tapi itu tidak bertahan terlalu lama. Setelah perdebatan kecil antara Sivana dan Fearsome Five, Gizmo ditembak oleh Sivana karena kelicikannya yang penuh gairah. Setelah itu Sivana menemukan sarang baru untuk melakukan  operasi bisnisnya kembali,yaitu di sebuah pulau yang tidak dikenal siapa pun. Sivana juga telah menemukan sekutu baru Sivana telah mengumpulkan para villain untuk melawan The Outsiders , anggotanya terdiri Joker, Deathstroke, Gorilla Grodd, Monsieur Mallah, dan The Brain.


Dr. Sivana Ft Black Adam


Meskipun Sivana tidak pernah muncul dalam seri animasi Justice League Unlimited, dia tampil sebagai penjahat yang keluar di issue 15 buku komik Justice League Unlimited saat dirinya mencoba membangun kembali Mister Atom. Dr.Sivana lalu muncul di Batman: The Brave and the Bold episode “The Power of Shazam!”, dan di isi suara oleh Jim Piddock.

 

Dia bersama dengan anak-anaknya Thaddeus Sivana Jr. (di  isi suara oleh Jim Piddock) dan Georgia (di isi suara oleh Tara Strong) bekerja sama dengan Black Adam untuk mencuri kekuatan Shazam. Sivana kemudian mengkhianati Black Adam dan mencuri Power of Champions  darinya. Namun Batman mengalahkannya hanya dengan semacam tipuan pikiran sehingga Shazam bisa mengalahkannya dengan sebuah jentikan yang mudah.

Dalam DC Cinematic Universe sendiri, Dr.Sivana akan diperankan oleh aktor kawakan yang telah malang melintang di dunia perfilman, yaitu Mark Strong, aktor asal Inggris yang sekarang berumur 54 tahun ini telah dikonfirmasi oleh DC Comic akan memerankan Dr.Sivana dalam live action Shazam movie.

Mark Strong sendiri dikenal atas beberapa film terkenal yang diperankannya, seperti menjadi Sherlock Holmes (2009), Robin Hood (2010), Villain utama dalam film Kick-Ass (2010), memerankan Sinestro dalam  Green Lantern (2011), Zero Dark Thirty (2012), John Carter (2012), Mindscape (2013), The Imitation Game (2014), dan Kingsman: The Secret Service (2014).  Tentu kemampuannya dalam berakting sudah tidak diragukan lagi. Apakah Mark Strong akan memerankan Dr.Sivanna secara apik dan secerdik seperti dalam komiknya? Mari kita tunggu saja kiprahnya Geeks!