Selama bertahun-tahun, film superhero ternyata menjadi genre yang paling dinanti untuk mendominasi acara penghargaan Academy Awards. Selama beberapa tahun terakhir, genre film superhero ini merajai nominasi dari segi teknis seperti Best Visual Effects, Make Up dan Sound, terkecuali penghargaan yang diraih oleh aktor Heath Ledger yang berhasil menyabet penghargaan sebagai Best Supproting Actor, lewat perannya sebagai Joker dalam The Dark Knight. Untuk Academy Awards tahun ini, kita dikejutkan oleh karya film sutradara James Mangold yaitu Logan yang masuk dalam nominasi Academy Award ‘non-teknis’.

MUST READ : SUTRADARA FILM LOGAN MENANGGAPI RUMOR TENTANG FILM X-23

Akting gemilang Hugh Jackman yang konon menjadi film terakhirnya sebagai superhero, yang identik dengan cakar Adamantium ini menjadi salah satu faktor utama mengapa Logan sangat diminati pada tahun 2017 silam. Dengan kesuksesannya tahun lalu, baru-baru ini Screen Rant melaporkan bahwa Logan masuk ke dalam nominasi ‘Best Adapted Screenplay‘ dalam ajang Academy Awards 2018. Meskipun baru nominasi, hal itu menjadikan Logan sebagai film superhero pertama yang pernah masuk ke dalam nominasi tersebut.

Para penulis naskah film Logan seperti Scott Frank, Michael Green dan James Mangold juga telah disebutkan namanya dalam nominasi tadi. Apabila ketiga nama penulis tersebut tidak mendapatkan penghargaan ini, namun, Logan masih dapat pengakuan tertinggi yang pernah diterima oleh film adaptasi komik, setelah bertahun-tahun hanya mendapatkan penghargaan dari segi teknis saja.

Dengan prestasi yang ditorehkan Logan dalam ajang bergengsi industri film Hollywood tahun ini, apa mungkin Hugh Jackman mengurungkan niatnya untuk pensiun dalam perannya sebagai Wolverine ya Geeks? Apabila tidak terjadi pun, setidaknya kalian telah menyaksikan bahwa film superhero patut diperhitungkan keberadaannya di jagat perfilman Internasional.