10 Kematian Karakter Earth’s Mightiest Heroes ‘Avengers’ Dalam Komik Marvel

Created By :
Via Febyanti

Via is a reader, a writer, and a music playlist consultant for Greenscene.co.id, she is our little sister.

Kalimat “kematian bukanlah akhir” tentunya ini benar terjadi di dalam cerita komik, karena para karakternya bisa saja dihidupkan kembali. Sejak ‘The Death of Superman’ yang merupakan cerita kematian karakter Superman ini menjadi lucu dengan hanya ada tiga karakter yang bisa bertahan dalam komik tersebut, diantaranya Paman Ben, Jason Todd dan Bucky Barnes. Kematian dalam komik bukanlah hal baru, tapi terkadang cara kematian para superhero ini akan mengejutkan para Geeks penggemar komik. Popularitas mereka mungkin telah membawa mereka kembali hidup dari kematian, Kali ini editor akan membahas kisah kematian para anggota Avengers yang tidak boleh kalian lewatkan, yuk simak pembahasannya dibawah ini Geeks.


Captain Marvel – The Death Of Captain Marvel


Di dalam sejarah komik Marvel, terdapat beberapa tokoh yang pernah berperan menjadi Captain Marvel salah satunya adalah Mar-Vell. Ia sebenarnya adalah anggota ras Kree yang diutus ke Bumi sebagai mata-mata. Mar-Vell akhirnya dianggap sebagai pengkhianat oleh bangsa Kree karena terlalu heroik dan menjadi salah satu kelompok superhero yang paling dicintai di dunia (The Avengers).

Mar-Vell pernah terjebak di Negative Zone, namun ia bisa menyelamatkan diri keluar dari N-Zone dengan cara bertukar tempat dengan seorang remaja laki-laki bernama Rick Jones dengan hanya menyentuh gelang Nega Bands yang dipakai oleh Mar-Vell. Setelah bertukar dan mereka melalui banyak petualangan, peran Mar-Vell semakin luar biasa dan besar setelah dipilih oleh makhluk kosmik bernama Eon untuk menjadi pembela alam semesta dan membuat kekuatannya bertambah, salah satu kematian yang terkernal adalah ketika Mar-Vell (sudah memiliki cosmic cube) mencoba menghentikan Thanos, ia tewas akibat penyakit kanker yang dideritanya karena gas beracun saat bertarung melawan Nitro. Setelah pergi ke ahli sihir ternama, menjadi jelas bagi Mar-Vell bahwa ajalnya telah tiba. Ia bahkan menerimanya dengan penuh kasih sayang, mengatakan kepada Lady Death bahwa ia tidak perlu menggunakan ilusi untuk menyembuhkan penyakitnya.


The Hulk – Civil War II


Dalam cerita komik Marvel berjudul Civil War II edisi ketiga, telah membuat para pembaca komik ini terkejut karena kejadian yang dialami oleh Bruce Banner alter ego dari Hulk tewas dibunuh. Seperti yang telah kalian ketahui bahwa Hulk telah sejak lama bergabung bersama anggota The Avengers dan bukan hanya Bruce Banner yang mengalami kematian di dalam cerita komik Civil War II, sebelumnya Marvel juga pernah mengisahkan kematian Captain America dan Spider-Man, namun karakter tersebut mampu dihidupkan kembali.

Bruce Banner dibunuh rekannya sendiri yaitu oleh Hawkeye a.k.a Clint Barton yang menggunakan panah ungu miliknya, tepat mengenai wajah Hulk. Sebelumnya Hawkeye diberitahu oleh kaum Inhuman (Ulysses) yang dapat melihat masa depan, ia mengatakan bahwa Hulk akan menyebabkan kehancuran dan ancaman bagi seluruh anggota Avengers. Namun, insiden tak terduga ini terjadi karena Banner sendiri lah yang meminta Clint Barton untuk membunuhnya jika suatu ketika ia berubah menjadi Hulk lagi dan Hawkeye pun akhirnya memenuhi keinginan Banner. Kemudian dalam komik berjudul The Totally Awesome Hulk, ternyata Hulk menempati tubuh Amadeus Cho dengan memiliki kemampuan yang lebih terkendali.


Hawkeye – Avengers Disassembled


Jika dalam komik Civil War II, Hawakeye lah yang telah membunuh Bruce Banner a.k.a Hulk, sekarang giliran Hawkeye sendiri yang menemui ajalnya. Banyak yang beranggapan jika Hawkeye a.k.a Clint Barton merupakan salah satu anggota The Avenges yang lemah dan tidak lebih dari seorang pemanah, namun ia pernah  berkali-kali membuktikan bahwa ia adalah seorang pejuang dan pemimpin yang sangat pemberani.

Selama konflik besar di Manhattan dengan ras Kree, Hawkeye pergi jauh untuk tujuan yang mulia. Ia meraih sebuah jetpack berpakaian Kree, lalu ia pergi pada sebuah joyride menaiki sebuah pesawat ruang angkasa Kree, namun ia tewas karena berkorban untuk menghancurkan batalion pesawat Kree dan seperti pada cerita ‘House of M’, ia kembali hidup di dalam dunia imajinasi Wanda Maximoff (Scarlet Witch), lalu sekali lagi mati ditangan anak Scarlet Witch sendiri.


Thor – Fear Itself


Buku komik ‘Fear Itself’ adalah sebuah cerita komik crossover tahun 2011 yang diterbitkan oleh Marvel Comics, terdiri dari 7 edisi. ‘The only thing we have fear is fear itself’, menggambarkan superhero yang berkepentingan bersaing dengan Serpent (Cul Borson), dikenal sebagai Norse God of Fear untuk bangsa Asgardian dan digambarkan sebagai musuh Odin dan Thor, lalu ditakdirkan untuk membunuh Thor pada saat Ragnarok. Dalam komik Thor mengacu pada konflik ini sebagai The Serpent’s War.

Dalam Fear Itself: Book of the Skull, Red Skull melakukan ritual selama Civil War II, atas perintah Adolf Hitler, yang menyebabkan Hammer of Skadi jatuh ke Bumi di mana ia mendarat di Antartika. Bepergian ke Antartika, Red Skull menemukan palu namun tidak mampu mengangkatnya. Setelah itu, Red Skull menyimpannya dan meletakkannya di bawah pengawasan Adolf Hitler Thule Society. Bertahun-tahun kemudian, putri Red Skull yang bernama Sin berhasil mengangkatnya, dengan bantuan Baron Zemo ia dapat mengambil Book of the Skull yang berisi lokasi di mana palu itu berada.

Di dalam mitologi Norse, Skadi adalah Giantess God yang biasanya diasosiasikan dengan salju dan ski. Namun dalam mitologi Norse Marvel, ia adalah putri dari Serpent dalam event big bad ini. Sementara melawan musuhnya ini, perisai vibranium milik Captain America hancur, jadi Iron Man meminta Odin membantunya, untuk mengizinkannya membuat senjata dari uru (logam Mjolnir) untuk Avengers.


Goliath – Civil War


Goliath yang dimaksud adalah Bill Foster, awalnya merupakan asisten di laboratorium untuk Hank Pym. Ia sering terlihat dalam tim, di antara orang-orang seperti Luke Cage dan Iron Fist, yang akan menjelaskan mengapa ia lebih menyukai sisi Captain America selama event Civil War.

Kejadian Goliath ini mati ketika para anggota Secret Avengers berusaha untuk melarikan diri, Thor menggunakan palunya untuk menundukkan mereka, dan menyerang Goliath sehingga menimbulkan ledakan yang menyebabkan Goliath terluka membuat lubang pada dadanya. Thor melanjutkan serangan tersebut, sehingga Invisible Woman menggunakan kekuatannya untuk melindungi Secret Avengers dan memungkinkan mereka untuk melarikan diri. Thor, yang baru saja membunuh Goliath, ternyata adalah hasil cloning atau tiruan. Thor dan palunya telah direkayasa untuk melayani pemerintah, tapi pembunuhan Goliath adalah sebuah kesalahan yang tidak terduga.


Scarlet Witch – Uncanny Avengers


Selama event Uncanny Avengers #14, Rougue (Anna Marie) dipengaruhi oleh Apocalypse Twins dan memiliki kemampuan seperti Wolverine setelah Rogue menyerap tenaga Mutant tersebut, secara tidak sengaja menusuk Scarlet Witch. Itu bukan dengan cakar adamantium tapi seperti tulang, yang terbukti selama argumen di ‘The Big Bang Theory’, adalah canon. Kematian Scarlet Witch dianggap sebagai kemalangan dirinya.

 


The Vision – Avengers Disassembled


Di event Avengers Disassemble banyak pertumpahan darah karena tangan Doctor Doom, pada awal event Quinjet membawa The Vision menabrak Mansion Avengers. Vision mengetahui rencana Dastardly Doom yang ada di bawah lengan baju berlapis baja dan mencoba memperingatkan Avengers hanya untuk Scarlet Witch untuk menyembuhkan She-Hulk dan membuatnya gila seperti Hulk. Vision benar-benar dilumpuhkan oleh She-Hulk, namun ia adalah android dan tidak merasa sakit. Vision kemudian diperbaiki kembali oleh Iron Man sebelum ‘Fear Itself’ jadi semuanya tetap berjalan dengan baik. Hal yang paling aneh tentang Vision dalam cerita ini adalah bahwa ia memuntahkan sedikit Orbs Ultron.


Spider-Man – Superior Spider-Man


Selama kisah menuju Amazing Spider-Man #700, Dan Slott melakukan hal yang tidak terduga dan sulit dibayangkan oleh para pembaca, ia menceritakan Peter Parker terbunuh! Cerita ini dimulai lagi dengan merilis “The Superior Spider-Man” # 1, dimana Otto Octavius ( Doctor Octopus ), menggantikan peran Peter Parker sebagai Spider-Man.

Ketika itu Otto Octavius ​​perlahan-lahan sekarat, tapi ia berencana untuk menukar pikirannya dengan Peter. Hasilnya membuat Otto berada di dalam tubuh Spider-Man, dengan napas Peter yang mulai sekarat, Peter menyuruh Otto berjanji untuk terus memerangi kejahatan sebagai Spider-Man. Otto tidak hanya hidup sesuai dengan takdir, Otto percaya bahwa dengan kombinasi kecerdasan dan kekuatan yang diwarisi oleh Peter Parker, ia bisa menjadi seorang Spider-Man yang jauh kuat. Ia lalu menjalani kehidupan menjadi seorang yang lebih baik dari pada Peter sendiri, mulai dari melawan kejahatan hingga bisa kembali bersama Mary Jane Watson.


Black Widow – Secret Empire


Dalam event ‘Secret Empire’, Natasha Romanov a.k.a Black Widow mengambil alih untuk membunuh Captain America (Steve Rogers) yang saat itu menjadi supreme leader Hydra dan mengakhiri rezim Hydra. Ia juga berusaha menyusupkan para superhero muda seperti Hulk (Amadeus Cho), Spider-Man (Mile Morales), Ms. Marvel, Nova, dan lainnya ke dalam pasukan Hydra untuk menjebak Captain America.

Sedangkan Black Widow bertugas untuk menembak dari jarak jauh dalam pembunuhan Captain America.
Black Widow bahkan telah menyiapkan seorang Inhuman bernama Mosaic. Ia mampu masuk ke dalam tubuh prajurit Hydra agar Black Widow bisa mendapat ruang tembak tanpa halangan. Pelaksanaan pembunuhan Captain America pun terjadi. Namun Black Widow diserang oleh Punisher yang kini memihak Captain America Hydra, ia dijanjikan pasukan untuk membasmi semua kriminal di muka bumi.

Black Widow memang berhasil menghadapi Punisher, namun rencana menembak jarak jauh pun gagal. Black Widow pun kembali menyerang Captain America, namun hantaman perisai Captain America meremukkan tulang rahang dan leher Black Widow. Serangan yang fatal tersebut, mampu mengakibatkan Black Widow menemui ajalnya. Spider-Man mengamuk dan kini ia mengambil alih peran sebagai eksekutor Captain America, kebetulan ia berada di lokasi yang sama persis dengan visual ramalan Ulysses, membuatnya yakin bahwa ia akan membunuh Captain America. Walaupun kesempatan itu tiba, pada akhirnya ia bukanlah seorang pembunuh, Miles Morales pun menghentikan dan rencana pembunuhan Captain America pun gagal.


Captain America – Civil War: Fallen Son


Captain America telah lama dipandang sebagai harapan, kebebasan dan supersoldier Amerika, namun ia tidak bisa mengelak dari maut. Ceritanya terjadi setelah peristiwa ‘Civil War’, yang berakhir saat Captain America a.k.a Steve Rogers menyerah kepada Superhero Registration Act. Saat dipindahkan ke pengadilan, Crossbones menembak Rodgers dengan senapan sniper, yang melukai bahunya. Di tengah kebingungan, yang mana semua orang berebut untuk menemukan si penembak jitu, sebenarnya Sharon Carter lah yang melakukannya. Carter dicuci otak oleh Doctor Faustus untuk menembak beberapa kali menganai tubuh Rodgers saat mengawalnya. Ia terdaftar untuk melakukannya karena ia adalah agen S.H.I.E.L.D dan kekasihnya sendiri. So sad ya Geeks.

_

Nah, itu lah beberapa moment kematian para superhero Avengers dalam aksi mereka, dalam pertempuran melawan musuh maupun salah paham dengan anggota Avengers lain. Seorang superhero yang mempunyai kehebatan yang tidak tertandingi sekali pun, tidak akan bisa menahan dan menghindari ajalnya. Geeks, kalian bisa memberikan ulasan atau saran dengan mengisi kolom komentar di bawah ini ya.