Mengulas Kisah Marvel Super Heroes Secret Wars, Peperangan Terbesar Ditahun 80an!

Created By :
Via Febyanti

Via is a reader, a writer, and a music playlist consultant for Greenscene.co.id, she is our little sister.

Secret Wars (Marvel Super Heroes Secret Wars) adalah seri buku komik crossover terdiri dari 12 issue yang diterbitkan dari bulan Mei 1984 sampai April 1985 oleh Marvel Comics. Serial ini ditulis oleh Jim Shooter, digambar oleh Mike Zack dan Bob Layton. Mengisahkan suatu cosmic enity yang dikenal sebagai Beyonder, mengumpulkan berbagai macam superhero dan supervillain di Battleworld untuk melihat siapa yang akan menang dalam perjuangan melawan kejahatan. Event Secret Wars ini dibuat karena permintaan perusahaan mainan Mattel, untuk menjual mainan karakter-karakter Marvel Superheroes namun dengan promosi melalui buku komik. Yuk kita simak pembahasan mengenai event Secret Wars di bawah ini Geeks.


The War Begins


Cerita dimulai ketika sebuah kelompok superhero menemukan diri mereka dibawa ke sebuah stasiun luar angkasa di wilayah galaksi yang tidak diketahui secara pasti. Mereka adalah Captain Marvel, Captain America, The Wasp, She-Hulk, Thor, Hawkeye, Iron Man, Profesor X, Storm, Nightcrawler, Rogue, Cyclops, Wolverine, Colossus, Lockheed, Spider-Man, Mr. Fantastic, Thing, Human Torch dan Magneto. Para superhero dengan cepat menyadari bahwa mereka tidak sendirian karena berdekatan dengan stasiun kedua. Di sana lah kelompok villain berada, terdiri dari Enchantress, Ultron, Absorbing Man, Wrecker, Thunderball, Piledriver, Bulldozer, Kang the Conqueror, Galactus, Lizard, Molecule Man, Doctor Octopus dan Doctor Doom.

Kemudian, para superhero dan villain dibawa ke sebuah planet yang terdiri dari potongan-potongan planet lain oleh Beyonder. Namun, Doctor Doom percaya bahwa benda tersebut berada di orbit bintang yang merupakan bintang terakhir dari galaksi dimana mereka berada. Dalam kelompok villain terjadi pertengkaran, Ultron melakukan serangan terhadap Galactus dan menghabiskan seluruh energinya untuk mengatasi masalahnya. Beyonder kemudian memberitahu mereka untuk bertarung dan setiap kelompok yang berhasil menang akan mendapatkan semua yang mereka inginkan. Kemudian, Galactus dan Doctor Doom mencoba melancarkan serangan terhadap Beyonder, dalam upaya merebut kekuasaannya untuk kepentingan mereka sendiri, namun mereka berdua dapat di tepis dengan sangat mudah oleh Beyonder. Para superhero yang melihat kejadian tersebut merasa kagum terhadap kekuatan dan menyadari betapa mudahnya Beyonder mengalahkan dua musuh terbesar mereka.

Kelompok superhero dan villain tersebut kemudian dibawa ke permukaan planet kecuali Galactus dan Doctor Doom yang sudah dikalahkan oleh Beyonder. Setelah itu, para superhero segera mencoba menyerang Magneto, tetapi bukannya bertarung, Magneto melepaskan diri ke langit dengan menggunakan gelombang magnetik yang terdapat di planet tersebut. Beruntungnya, Doctor Doom menemukan sebuah benteng dan berharap bisa mengumpulkan para villain untuk melawan Beyonder, namun mereka memberontak terhadap rencananya karena ia bertekad mendapatkan kekuatan Beyonder hanya untuk kepentingannya sendiri. Kang menyaksikan Doctor Doom mencoba untuk pergi dan menggunakan persenjataan yang tersedia di benteng untuk membawa Doctor Doom keluar dari langit. Doom jatuh di dekat para superhero, diikuti segera oleh para villain yang marah dan pertempuran pertama pun terjadi.


Prisoners of War


Sebagai sekutu yang melakukan pertempuran dengan para superhero, Doctor Doom mencoba untuk bernegosiasi dengan Galactus, namun ia diabaikan. Doom kemudian kembali ke benteng untuk melihat beberapa jenis teknologi yang telah disediakan Beyonder untuk digunakan dalam perang. Ia membuat kerja cepat dari sistem pertahanan benteng dan menemukan Ultron. Sedangkan para superhero berhasil mengalahkan beberapa villain, dan sisanya melarikan diri dari pertempuran. Membutuhkan tempat untuk menahan para villain yang sudah tertangkap, para superhero juga menemukan sebuah benteng yang telah disediakan untuk mereka dan merencanakan strategi untuk menghadapi serangkaian perang yang panjang juga mempelajari markas baru mereka.

Selain itu, Magneto menemukan benteng ketiga yang terletak ratusan mil jauhnya dari dua benteng lainnya, ia juga merencanakan langkah selanjutnya. Lalu, para villain kembali ke benteng, mereka diserang oleh Doctor Doom dan ada Ultron yang sekarang melayani Doom. Dengan kekuatan gabungan mereka, villain yang tersisa dapat ditaklukan dan setuju untuk mematuhi semua perintah dan kepemimpinan Doctor Doom. Para superhero menyerang Magneto, namun Wasp berhasil tertangkap oleh Magneto. Dan selama konfrontasi berlangsung, Thing menemukan bahwa dirinya dapat kembal ke bentuk manusia.


Tempest Without, Crisis Within


Setelah itu, Magneto membawa Wasp kembali ke benteng dan keduanya terjebak di sana karena cuaca di bagian dunia berubah sehingga memaksa mereka untuk tidak pergi. Spider-Man dengan sengaja mendengar pembicaraan Charles Xavier dan X-Men yang berencana untuk meninggalkan para superhero dan bergabung dengan Magneto, bahkan berusaha untuk ikut campur dan menghentikan aksinya. Lalu, Spider-Man mencoba melaporkan aktivitas X-Men kepada Avengers, namun saat itu ingatan Spidey diubah oleh Xavier sebelum ia melaporkannya.

Doctor Doom menyarankan aliansi dengan Magneto, namun ditolak. Kemudian, Magneto kembali dengan Wasp sambil menunggu cuaca membaik di luar sana. Di Doombase, Doctor Doom mulai bereksperimen dengan Skeeter (Marry MacPherran) dan memberikan kekuatan barunya. Dengan kekuatan baru tersebut, ia memilih nama baru dan menjadi Titania. Subjek kedua yang menjadi eksperimen Doom dan diberikan kekuasaan untuk memproyeksikan plasma dan memilih nama Volcana.

MUST READ : 5 Story Event DC Comics Yang Ga Bisa Kamu Lewatkan!

Thor membebaskan Enchantress lalu mereka berangkat untuk melepaskan diri dari kelompok manusia. Menjelang pagi hari, Doom memimpin sebuah serangan terhadap kelompok superhero dengan mengerahkan para villain yang tersisa dan berhasil menangkap beberapa superhero. Dengan memanfaatkan keuntungan mereka, para villain memaksa para superhero untuk berkumpul kembali sementara para tawanan dibebaskan. Para superhero hancur tapi para villain menemukan bahwa para superhero berhasil melarikan diri saat mereka memeriksa reruntuhan.


Situation: Hopeless


Para villain dengan cepat melihat kelompok superhero yang melarikan diri dan menggabungkan kekuatan mereka untuk melemparkan sebuah gunung ke arah superhero. Sepertinya, Thor dan Enchantress tertanggu oleh suara gemuruh yang berasal dari gunung tersebut. Lalu Thor menantang villain tersebut sendirian, namun berhasil dikalahkan dan hanya menyisakan helmnya saja. Doom kemudian memerintahkan Ultron untuk membunuh Kang yang sebelumnya berusaha mengambil alih kehidupan Doom.

X-Men tiba di benteng Magneto dan membentuk aliansi. Kemudian, Magneto mengungkapkan bahwa ia percaya jika para superhero harus mengambil peran yang agresif dan melakukan apa yang diminta oleh Beyonder. Seperti membunuh villain dan mengambil hadiah yang telah ia janjikan sebelumnya. Wasp kemudian membandingkannya dengan Hitler dan melarikan diri dari markas. Sementara itu, para superhero diturunkan agar selamat dari lemparan gunung, dan Hulk menangkapnya dan mencegah untuk menghancurkan kelompok superhero. Namun, armor milik Iron Man rusak dan Hulk hanya mampu menahan gunung tersebut dan akhirnya mereka harus terjebak. Mr Fantastic kemudian menggunakan panah Hawkeye dan web-Shooters milik Spider-Man digunakan untuk memperbaiki armor Iron Man, lalu meledakkan jalan melarikan diri yang melewati gunung. Saat mereka keluar, Thor kembali ke kelompok tersebut, menjelaskan bahwa ia menyembunyikan pelariannya dengan kilatan kilat. Para pahlawan kemudian berkumpul kembali ke sebuah tempat yang dibawa ke planet ini, namun khawatir dengan keberadaan Galactus di atas sebuah gunung di dekatnya.


The Battle of the Four Armies


Setelah itu Galactus mulai bergerak dan memanggil kapalnya untuk datang ke planet ini. Melihat sebuah kapal melintas di langit, Magneto dan X-Men langsung menuju Galactus. Sementara Doom yang melihat kapal tersebut mulai mempersiapkan para villain untuk berperang. Charles Xavier dan Magneto mencoba memulai dengan serangan psikis gabungan terhadap Galactus, sedangkan Mr. Fantastic mencoba untuk mengalihkan perhatiannya. Tidak disangka Galactus melepaskan sebuah robot dari kapalnya untuk melawan faksi dari Captain America sambil menahan serangan psikis yang dilancarkan. Namun, faksi America berhasil mengalahkan robot tersebut, dan sayangnya mereka harus meninggalkan beberapa superhero karena tidak mampu untuk melawan.

Saat itulah faksi Doom masuk dan menyerang para superhero. Para superhero sangat sulit untuk ditekan dan dalam bahaya berpotensi untuk dikalahkan, kemudian Magneto dan X-Men tiba. Sementara itu, Galactus terganggu oleh pertempuran yang terjadi di kakinya, dan Doom menyelinap di atas kapal Galactus. Akhirnya faksi Doom diusir ke belakang, namun saat itu Colossus terluka parah. Lalu, Magneto dan X-Men berangkat meninggalkan Colossus di belakang (dengan adanya protes dari beberapa anggota X-Men). Galactus terus membangun dunianya dan melahap mesinnya, dengan tanpa hambatan sedikit pun.


A Death


Wasp mulai kembali ke faksi Amerika. Sementara Doctor Doom menjelajahi kapal milik Galactus, ia menemukan Klaw. Dengan perintah baru dari Doom, Klaw kembali menjadi bagian dari villain. Xavier sedikit meluangkan waktu untuk istirahat, sementara X-Men memeriksa kerusakan yang disebabkan oleh serangan psikis Galactus pada markas mereka. Sambil beristirahat, Xavier menghubungkan pikirannya dengan para villain, memastikan rencana baru mereka. Setelah itu, ia kemudian memerintahkan X-Men untuk segera beraksi. Namun, Strom tidak menyukai dengan peran pemimpin baru yang dipegang langsung oleh Charles Xavier. Xavier kemudian mengatakan sesuatu kepadanya bahwa ia akan pergi sejauh mungkin untuk mengubah kenangan X-Men dan mencegah pembangkangan.

Sementara itu, Colossus mulai menunjukan ketertarikannya pada seorang wanita asing bernama Zsaji, namun ia (yang mengorbankan hidupnya di Battleworld untuk menyelamatkan para pahlawan) berhasil dibawa pergi oleh Human Torch. Para villain tiba di sebuah gunung berapi dan mulai mengatur sebuah rencana dari Doom untuk segera bergerak, namun diserang oleh X-Men. Selama pertarungan, Molecule Man terluka parah oleh Wolverine dan oleh villain yang sudah melarikan diri. Cyclops, menyadari bahwa rencana mereka paling mungkin untuk membahayakan Galactus, menghidupkan sinar optiknya mengarah ke wilayah gunung berapi untuk memicunya. Dalam sebuah kejadian yang tak terduga, Wasp kemudian ditembak dan dibunuh oleh Wrecker ketika villain tersebut kembali ke Doombase.

Setelah itu, Spider-Woman bergabung dengan faksi Captain America yang telah tumbang dari bumi selama pembangunan planet ini. Dan Wrecking Crew melemparkan mayat Wasp ke sebuah tempat saat mereka menuju Doombase. Ketika itu, Zsaji (the healer) mencoba untuk membantu Wasp namun sudah terlambat. Sementara Avengers mencoba untuk memutuskan tindakan berikutnya, X-Men terus mengejar para villain yang melarikan diri.

_

Itu lah berbagai moment penting dalam event Secret Wars. Jika kamu punya saran atau event comic lainnya yang ingin dibahas, kalian bisa request langsung dengan mengisi kolom komentar di bawah ini ya Geeks.