Mengulas Kisah Secret Invasion, Who Do You Trust?

“Secret Invasion” adalah alur cerita crossover buku komik yang memuat seri self-titled dengan delapan edisi terbatas dan beberapa buku tie-in yang diterbitkan oleh Marvel Comics, mulai dari bulan April sampai Desember tahun 2008. Kisah ini menceritakan invasi jangka panjang ke Bumi oleh kelompok ras alien Skrull yang secara diam-diam telah meniru kekuatan dan wujud banyak superhuman di Marvel Universe dan menjadi penipu selama periode bertahun-tahun, sebelum invasi terbuka. Marvel mempunyai slogan promosi untuk event Secret Invasion ini, yaitu “Who do you trust?”. Yuk kita simak pembahasan event Secret Invasion dibawah ini Geeks!


Prologue


Dalam waktu yang sangat lama, bangsa Skrull sudah menyusun strategi dan rencana licik bersiap untuk menguasai Bumi. Mereka mengambil wujud beberapa Superhero Bumi, Presiden, Dokter, bahkan hampir semua orang seisi Bumi ditiru oleh bangsa Skrull. Hebatnya mereka bisa berpura-pura dan hidup dengan normal, sehingga dapat beradaptasi tanpa terdeteksi sama sekali oleh siapa pun.

Strategi bangsa Skrull ini ternyata sangat efektif. Para superhero merasa tertipu dan begitu terkhianati setelah mengetahui sebagian dari rekan-rekan atau sahabat mereka selama ini adalah agen-agen Skrull yang menyamar menyerupai wujud mereka.

MUST READ : Bos Disney Memastikan X-Men Dan Fantastic Four Gabung MCU!

Tampaknya Bumi berhasil ditaklukkan oleh bangsa Skrull. Perasaan curiga, rasa takut dan saling tidak percaya dengan cepat melingkupi semua jiwa manusia juga para superhero. Dengan sisa kekuatan dan rasa percaya yang nyaris hilang, semua Superhero dan para villain bersatu untuk melawan Skrull.


Invasion


Tony Stark harus memikirkan bagaimana menangani invasi rahasia ini. Ia mendapatkan mayat Elektra yang ternyata adalah berubah menjadi Skrull yang dibawa oleh para Avengers ketika melakukan pertempuran di Jepang. Lalu, Stark memerintahkan Mr. Fantastic dan Hank Pym untuk mempelajari tubuh Skrull (Elektra) di Laboratorium rahasia milik Stark. Ia tidak tahu siapa yang bisa ia percaya, bahkan Richards atau Pym sekali pun, dan ia harus tahu mengapa Skrull benar-benar tidak terdeteksi oleh psikis, teknologi, sihir, dan kemampuan lainnya. Pym dan Richards mulai bekerja untuk mengungkap rahasia Skrull.

Sementara di markas satelit SWORD yang dikenal sebagai The Peak, Komandan Dugan dan Agent Abigail Brand menyaksikan sebuah pesawat ruang angkasa milik Skrull yang tidak dikenal memasuki atmosfer Bumi dan akan mendarat di Savage Land. Mereka menghubungi Stark, kemudian ia meninggalkan Richards dan Pym yang sedang menganalisis tubuh Skrull dan menetukan bagaimana mereka sama sekali tidak terdeteksi dan mampu meniru wujud dan kekuatan para superhumans. Dan Stark segera meluncur ke tempat kejadian. Susan Richards sedang berada di Vancouver dalam sebuah konferensi. Di sana ia dikejutkan oleh suaminya Richards dan menemukan bahwa ia adalah Skrull. Ia berada di sana untuk menangkap Invisible Woman dengan meniru kekuatannya. Medusa datang menemui Inhuman membawa mayat Skrull dan menunjukkan bahwa Inhumans menangani masalah ini. Inhuman King memberi pertanyaan tentang siapa yang bisa dipercaya.

Begitu berada di Savage Land, Quinjet yang mengantarkan para superhero rusak karena mengalami benturan dan diserang oleh kelompok Dinosaurus. Kelompok tersebut keluar dan memperhatikan bahwa bangunan tempat pertama mereka bertempur dengan Avengers hancur. Lalu, mereka menemukan para Skrull mendarat. Sebelum mereka mendapat kesempatan untuk membukanya, Iron Man and the Mighty Avengers tiba. Dengan sangat menentang keinginan Stark, Cage menjebol pintu dari kapal Skrull. Cahaya pada craft berubah dari merah ke hijau, dan agent Skrull sleeper di seluruh dunia diaktifkan.

Mata Dugan bersinar hijau dan meledakkan stasiun luar angkasa. Dari Avengers Tower, Jarvis mengunggah Virus Skrull ke dalam armor Stark yang menyebabkan Stark terkontaminasi virus tersebut. Dengan menggunakan link Extruder Stark ke sistem satelit dunia, virus tersebut mengambil kendali Helicarrier S.H.I.E.L.D. Sistem di perusahaan Stark, satelit Stark yang mengorbit planet ini, dan instalasi keamanan maksimum untuk superhumans yang dikenal dengan The Raft masing-masing dikordinasikan. Tahanan dalam The Raft mampu melarikan diri, instalasi keamanan maksimum lainnya yang dikenal dengan The Cube juga dikepung oleh para narapidana. Ada ledakan di Thunderbolt Mountain karena seseorang yang tampaknya adalah Captain Marvel tiba. Di markas besar Fantastic Four, Invisible Woman (Skrull) membuka portal Negative Zone di Gedung Baxter yang menyebabkan separuh gedung dan sebagian anggota Fantastic Four terhisap ke dalamnya.


Superheroes


Dari kapal Skrull yang mendarat di Savage Land, muncul beberapa superhero tampil dengan kostum tempo dulu mereka, yang mengaku telah disekap oleh bangsa Skrull dan meniru wujud mereka. Superhero ini diantaranya Spider-Man, Luke Cage, Phoenix, Emma Frost, Beast, Mockingbird, Captain America, Hawkeye, Wolverine, Thor, Iron Man, Scarlet Witch, Ms. Marvel, Invisible Woman and Vision. Kembali ke Stark Industries, Reed Richards akhirnya menemukan cara Skrull yang membuat diri mereka tidak terdeteksi. Selagi ia akan membagikan informasi mengenai Skrull dengan Hank Pym (Skrull) namun ia mengeluarkan senjata Skrull dan menantang Richards, menyebabkan ia kehilangan kendali atas kekuatan elastisnya dan membuat tubuh elastisnya memenuhi seluruh ruangan.

MUST READ : Trailer Terbaru Black Panther Menyiratkan Infinity Stone Terakhir?

Sementara di Savage Land, semua para superhero yang keluar dari kapal Skrull saling berhadapan. Ares menduga bahwa ini hanya dibuat untuk mengalihkan perhatian mereka, tetapi mereka tetap menghadapi pertempuran epik tersebut. Sementara mereka semua melawan Avengers, Ms Marvel membawa Tony yang terinfeksi virus keluar dari medan perang. Sentry mencoba berbicara dengan Vision namun ia berubah menjadi “dirinya yang jahat” dan menyalahkannya atas kejadian ini. Ronin kemudian mengambil busur Hawkeye dan menembak Beast, Emma Frost mencoba menembak Captain America tapi gagal. Cap mampu melindungi serangannya sehingga Hawkeye ragu apakah ia benar-benar Steve Rogers atau bukan. Kemudian T-Rex membunuh Spider-Man dan Hawkeye dari kapal Skrull. Carol Danvers membawa Shell Head ke markas dimana New Avengers pertama kali bergabung dan Iron Man mengatakan bahwa ia akan merakit armor-nya lagi dari sisa reruntuhan elektronik dari benteng Savage Land dan mengirim Danvers ke daratan. Luke Cage dan Wolverine melihat Spidey mati dan menyimpulkan bahwa semua superhero yang keluar dari kapal tersebut adalah Skrull. Mereka melihat Mockingbird (Skrull) menangis karena meninggalnya Hawkeye (Skrull). Ia mengaku sebagai hal yang nyata dan sebelum Wolverine bisa menyakitinya, Clint Barton a.k.a Ronin menghentikannya.


The Invasion Begins


Sementara di Manhattan, para Young Avengers menyaksikan saat Gedung Baxter hancur. Kemudian mereka melihat sebuah kapal Skrull dengan banyak Skrull yang memiliki kekuatan dan berwujud seperti superhero. Di bagian Negative Zone dari Gedung Baxter muncul Johny, Ben, Valeria, Franklin, dan Sue. Makhluk dari N-Zone mulai menyerang tempat Thing, Franklin, dan Valeria berada. Di laboratorium Reed, Johnny memperdebatkan siapa sebenarnya Sue. Johnny bertanya kepadanya apa film favoritnya dan ia salah, ia tahu ada yang tidak beres. Sue kemudian berubah menjadi Skrull dan bukan sembarang Skrull tapi adalah Lyja.

Skrull Jarvis (Edwin Jarvis) muncul untuk memberitahu Maria Hill agar menyerah kepada Skrull. Captain Marvel terus berjuang melawan Thunderbolts dan Norman Osborn. Sedangkan, Young Avengers sedang dalam pertarungan dengan semua Skrull yang tiba di Manhattan, Runaways baru saja tiba. Sebuah pertempuran epik terjadi antara The Initiative dan armada Skrull. Initiative dipimpin oleh Yellowjacket. Kembali ke Savage Land, Tony sedang mencoba untuk membuat kostum baru, tiba-tiba Spider-Woman muncul ke tempat Tony berada setelah bertarung dengan Echo. Ia berterima kasih kepada Tony Stark karena telah membantu rencana invasi Skrull menjadi sukses. Ia menciumnya dan memberitahu Iron Man bahwa ia adalah bagian dari agen Skrull yang bernama KL’Riki Dulu. Segala sesuatu mulai dari event Civil War dan Invasi sudah lama direncanakan.

MUST READ : Hulkverine ‘Mesin Pembunuh’ Dari Komik Marvel Universe!

The Howling Commandos dan Nick Fury mulai membunuh setiap Skrull, yang dilihatnya saat kembali ke Savage Land. Black Widow sedang mendengarkan keseluruhan percakapan Tony Stark dan Spider-Woman, tiba-tiba muncul Beast dan Phoenix yang ternyata sebagai Skrull, lalu dibunuh oleh Black Widow. Spider-Woman mendengar hal tersebut dan langsung melarikan diri. Black Widow kemudian mencoba membantu Iron Man dengan memberinya suntikan adrenalin dan membawa Stark yang lemah. Kembali ke Times Square, Fury terus berjuang melawan para Skrull dan dibantu oleh Ms. Marvel. Saat pertarungan Thor dan Captain America tiba.

Di kapal Skrull, Richards sedang disiksa dan Agent Abigail Brand (pemimpin SWORD) datang untuk meminta bantuannya dan mengelabui para Skrull untuk menginggalkan kapal tersebut dengan alasan kabinya bocor. Namun, Richards menyerangnya karena menganggapnya sebagai agen Skrull yang telah menculik keluarganya. Captain Marvel membantu mereka berdua melarikan diri dari armada Skrull. Reed menggunakan mesin yang memberitahukan siapa Skrull sebenarnya termasuk Mockingbird, dan menghentikan perselisihan antara para superhero dan anggota Avengers lainnya. Sue Richards (Skrull) terkejut saat mengetahui bahwa Reed memiliki anak, dan melihat mereka sebenarnya Skrull. Clint Barton mengumumkan untuk membunuh setiap Skrull setelah kejadian yang menimpanya. Ratu Skrull kemudian tiba di New York sangat senang dengan kejadian tersebut. Lalu, Hank Pym (Skrull) memimpin ratu untuk melihat bagaimana kemajuan atas ulahnya. Pada saat bersamaan, Avengers dari Savage Land akan tiba di New York dan melihat kota itu dalam invasi penuh. Captain America dan Thor bertanya-tanya apa yang terjadi di sekitar mereka. Thunderbolt kemudian bergabung dengan Avengers, Thor dan Captain America. Nick Fury dan Young Avengers ditambah Komandan Dum Dum Dugan bergabung dalam pertarungan.


Avengers Assemble


Kemudian perang besar antara superhero, rakyat, dan para Skrull melakukan perang massal di Central Park. Para superhero menyerang Skrull terus-menerus. Nick Fury dan Norman Osborn mengatakan bahwa yang lain harus dipenjara, Captain America dan Black Widow masuk untuk melakukan serangan, dan Iron Man dengan kostum besinya. Wasp masuk untuk melawan Hank Pym (Super Skrull, Criti Noll), tapi ia telah diberi racun oleh Hank Pym (Skrull) agar menjadi ‘raksasa’ sekaligus menjadi senjata untuk menghancurkan semua superhero. Wolverine mencoba menyerang Veranke (Ratu Skrull, Spider-Woman), hanya agar kulitnya terbakar oleh ledakan racunnya. Lalu Uatu (the Watcher) muncul. Jessica Jones menyaksikan kejadian tersebut dalam acara berita di tv, ia tidak sadar dan menitipkan anaknya pada pelayan Avengers, Jarvis (Skrull). Noh-Varr kemudian memasuki perang yang menuntut tanah tersebut atas nama Mar-Vell.

Hawkeye terluka dalam pertempuran dan Vision membawanya ke tempat yang aman, sementara Ronin mengambil busur dan panahnya. Ia membunuh tiga Super-Skrull dan meluncurkan panahnya mengenai leher Veranke (Spider-Woman), menembus pipinya. Meski nampaknya ia sudah meninggal, tetapi sebenarnya belum. Namun Criti Noll mengaktifkan formula yang diberikannya kepada Wasp beberapa hari yang lalu dan ia mulai berubah menjadi besar. Jarvis (Skrull) kemudian menyatakan bahwa tidak masalah jika Skrull hidup atau mati selama ‘kehendak Tuhan’ ada. Janet mulai memancarkan energinya dan menjebak para superhero, villain, dan Skrull ke dalam energi-nya.

Janet Pym sekarang adalah senjata masif yang tidak tertahankan oleh siapa pun. Lalu Thor muncul dan membuatnya menghilang saat sekarat. Ratu Skrull masih hidup dan saat ia akan dibunuh oleh Wolverine, Norman Osborn melancarkan tembakannya yang “tembakan itu terdengar di seluruh dunia karena semua jaringan berita menyiarkan secara langsung dan semua orang menyaksikannya”. Iron Man dan Thor pergi ke luar angkasa dan menurunkan sebuah kapal Skrull yang mengungkap semua orang yang digantikan oleh Skrull. Termasuk Spider-Woman, Invisible Woman, Yellowjacket dan Jarvis yang membuat Jessica Jones menyadari bahwa bayinya sedang bersama Skrull. Ketika ia kembali, ia tidak dapat menemukan bayi itu dan Skrull.

Setelah kejadian itu Presiden menutup S.H.I.E.L.D.. Norman Osborn mengisi posisi Tony Stark dan semua yang ada di bawah naungan S.H.I.E.L.D termasuk Avengers dan Intiative, sekarang ada di bawah naungan Thunderbolt. StarkTech tidak digunakan lagi dalam bentuk apapun, untuk kapasitas pertahanan atau militer. dan seluruh kepemilikan Stark Enterprises telah disepakati agar tidak digunakan sama sekali.. Kemudian Norman Osborn menuju ke ruang bawah tanah Avengers Tower dimana ia menemukan Hood, Loki, Dr. Doom, Namor dan Emma Frost.

Nah, itu lah berbagai moment penting dalam event Secret Invasion. Jika kamu punya saran atau event comic lainnya yang ingin dibahas, kalian bisa request mengisi melalui kolom komentar di bawah ini ya Geeks.

More For Every Geeks:

Created By :

Via is a reader, a writer, and a music playlist consultant for Greenscene.co.id, she is our little sister.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *