Keberadaan franchise Star Wars selama hampir 40 tahun pastinya sudah sangat melekat di hati setiap para penggemarnya. Pastinya para Geeks disini punya cara tersendiri untuk mengekspresikan kekaguman kalian kepada film yang diciptakan oleh George Lucas ini. Tapi satu hal yang menarik baru saja diterapkan dalam sebuah Universitas Leicester di Inggris, mereka baru saja melakukan studi tentang senjata ikonik para Jedi yaitu Lightsaber. Dalam studi yang mereka lakukan telah menyimpulkan bahwa Lightsaber berwarna merah menjadi Lightsaber yang paling lemah.

MUST READ : LUCASFILM INGIN SUTRADARA THOR MENGGARAP STAR WARS!

Dilansir dari Comic Book, seorang ilmuwan bernama Luke Willcocks dari Center of Interdisciplinary Science di Universitas Leicester menemukan gagasan bahwa Lightsaber yang sering digunakan oleh Dark Jedi itu merupakan sinar laser yang paling lemah. Luke Willcocks pertama kali membandingkannya dari adegan Star Wars:The Phantom of Manace saat Qui-Gon Jinn (Liam Neeson) melelehkan pintu besi yang kuat dengan menggunakan Lightsaber warna hijau kepunyaannya. Luke Willcocks pun menghitung energi yang yang dihasilkan oleh Lightsaber hijau itu adalah 6.96 Megawatt, hampir menyamai kekuatan generator tenaga nuklir.

Setelah itu, Luke Willcocks membandingan dengan warna Lightsaber lainnya. Ia membandingkan Lightsaber berwarna ungu milik Mace Windu (Samuel L.Jackson) dan hasilnya Lightsaber yang dipegang oleh Mace Windu itu mendapat peringkat teratas sebagai Lightsaber yang paling kuat dengan menghasilkan 9.34 Megawatt mampu membakar pintu besi dalam waktu 8.2 detik, sedangkan Lightsaber berwarna merah hanya menghasilkan 5.47 Megawatt saja.

Namun perlu diingat studi yang dilakukan oleh Luke Willcock ini tidak terlalu serius. Universitas Leicester mempunyai modul ilmu sains untuk para ilmuwannya mempelajari Pop Culture, tujuannya untuk mengajarkan kepada siswa mereka bagaimana menulis, mengkritik dan menerbitkan makalah ilmiah dengan baik.

Dapatkan berita terbaru seputar film & entertainment lebih cepat dan mudah dengan bergabung di line official Greenscene.co.id. KLIK DISINI untuk bergabung.