Bagi para Geeks yang mengikuti salah satu serial hits Netflix Stranger Things, pastinya kalian disuguhi budaya 80-an yang sangat kental. Tentu bukan tanpa alasan kedua sutradara Matt Duffer dan Ross Duffer mengangkat tema 80’s dalam serialnya, kedua sutradara tersebut kabarnya ingin memberikan penghormatan kepada beberapa film sutradara pendahulunya sepertinya Steven Spielberg, John Carpenter dan James Cameron sepanjang penayangan serial Stranger Things. Tak ketinggalan The Duffer Brothers juga menyelipkan nama Stephen King di beberapa adegan Stranger Things sebagai penghormatannya.

Geeks yang sudah menyaksikan Stranger Thing season 2, pastinya banyak adegan yang menonjolkan beberapa unsur utama film 80-an yang difavoritkan oleh anak-anak Amerika pada saat itu, sekaligus menjadi influence terbesar bagi sutradara Matt Duffer dan Ross Duffer yang membuat serial ini sukses. Geeks penasaran apa saja film 80-an yang menjadi inspirasi Stranger Things ? So check this out Geeks ! (Stranger Things Spoiler Alert!)

 


Ghostbuster (1984)


Geeks pasti menyadari ke-empat karakter utama Stranger Things ini berseragam ala film Ghostbuster. Dalam ceritanya. Mike, Dustin, Lucas dan Will datang ke sekolah mereka mengenakan seragam Ghostbuster untuk merayakan Halloween, ternyata mereka malah di ejek saat menggunakan kostum Ghostbuster di sekolah karena tidak menyadari bahwa hari tersebut belum memasuki perayaan Halloween.

Sepanjang Stranger Things season 2, ke-empat karakter anak kecil ini bisa dihitung hanya beberapa adegan menggunakan kostum Ghosbuster ini. Namun ada satu adegan dimana Dustin benar-benar memakai senjata Ghostbuster sama seperti dalam film-nya. Adegan tersebut saat Dustin menemukan bayi Demogorgon di tong sampah halaman rumahnya dan memasukannya ke dalam senjata sama seperti apa yang dilakukan saat Ghostbuster menangkap hantu ke alat tersebut. Lewat adegan tersebut adalah cara penghormatan Matt Duffer & Ross Duffer kepada film Ghostbuster menjadi sesuatu yang benar-benar dimainkan dalam serial Stranger Things.


E.T. (1982)


Pengaruh film E.T dalam Stranger Things sepertinya sangat besar, pengaruh tersebut awalnya banyak dibuktikan saat season pertama Stranger Things. Seperti adegan memperlihatkan saat Eleven terancam dan diburu oleh orang-orang dari Lab Hawkins dengan alasan yang tidak jelas. Tak hanya di season pertama saja Geeks, pengaruh film E.T karya sutradara Steven Spielberg ini juga masih diperlihatkan dalam Stranger Things season 2.

Pengaruh tersebut diperlihatkan saat Dustin mulai menyadari monster yang ia peliharanya (Dart) berubah menjadi makhluk yang berbahaya, ia pun bergegas mengurung monster tersebut di dalam gudang bawah tanah dan ia menunggu diluar sambil ketakutan. Adegan tersebut sama seperti karakter Elliot dalam film E.T dengan gugup memancing E.T keluar dari gudangnya sendiri. Selain itu Geeks diperlihatkan hubungan yang terjadi antara Will dan The Shadow Monsters, adegan tersebut mengingatkan pada hubungan yang terjadi antara Elliot dan E.T hanya saja berbeda dari segi cerita.


Aliens (1986)


Dalam Stranger Thing season 2, Geeks pasti diperkenalkan dengan seorang Dokter bernama Sam Owens. Seorang Dokter dari Lab Hawkins ini diperankan oleh aktor Paul Riser yang sepertinya mengulang perannya dalam film Aliesn karya sutradara James Cameron di tahun 1986. Dalam film Aliens, ia juga memerankan karakter seorang Dokter yang cerdik bernama Carter Burke, yang merupakan karyawan dari laboratorium Weyland-Yutani. Sutradara duo Duffers sempat mengatakan kepada Entertainment Weekly alasan memilih Paul Riser dalam Stranger Things, alasan tersebut mengatakan bahwa mereka ingin mengingatkan karakter Paul Riser dalam film Aliens kepada penontonnya.

Selain itu, persamaan antara Queen Alien dan Shadow Monsters telah diperlihatkan dalam Stranger Things season 2. Dua makhluk antagonis tersebut sama-sama memiliki prajurit dengan Shadow Monsters memiliki prajurit Demogorgon. Kesaamaan yang lain adalah ketika James Hooper terperangkap di The Upside Down dan terkubur di dunia tersebut sampai akhirnya Bob & Joyce menemukan tubuhnya. Ternyata adegan tersebut sama seperti yang dialami Dr.Carter Burke dalam film Aliens, namun adegan tersebut akhirnya dihapus dari adegan film yang disutradarai oleh James Cameron tersebut.

Geeks itulah tiga film yang menjadi inspirasi Matt Duffer & Ross Duffer untuk Stranger Things. Pastinya kita sudah tidak sabar apa yang akan dilakukan oleh duo sutradara tersebut dalam Stranger Things season 3, yang pasti Geeks sudah mengetahui bahwa Stranger Things season 3 akan memiliki timeline dengan jangka waktu 2-3 tahun dari cerita dalam Stranger Things season 2.