Tidak Terduga, Film-Film Ini Berasal Dari Cinematic Universe Yang Sama!

Created By :
Founder and content creator of Greenscene.co.id and head of film critic. Meet me on instagram for my own mini movie review.

Cinematic universe atau bisa juga dibilang dengan shared universe merupakan sebuah konsep dimana beberapa film standalone saling berkaitan dari segi plot, karakter, atau aspek lainnya yang terdapat dalam film lainnya.

Saat ini cinematic universe identik dengan film-film superhero ( meskipun Legendary Pictures dan Universal Studio tengah membuat konsep universe mereka sendiri dengan nama dark universe & monsterverse ). Namun tahukah kalian, sebelum DC dan Marvel ‘menjual diri’ dengan cinematic universe- nya, ternyata ada beberapa film lain yang menggunakan konsep ini, hanya saja mungkin kita tidak menyadarinya atau bahkan benar-benar tidak terduga. Lalu, film apa aja sih yang menggunakan konsep tersebut? yuk check this out Geeks!


1. Split & Unbreakable

On Pic : Split

Film Split yang hits di tahun 2016 lalu tampaknya memang benar-benar mempu membuat para geeks terkagum-kagum. Sutradara sekaligus penulis naskah Split, M. Night Shyamalan, menyajikan suatu tontonan dengan plot cerita yang kompleks namun menarik untuk diikuti. Dimana seorang pria bernama Kevin memiliki puluhan kepribadian dalam dirinya, termasuk salah satunya kepribadian ‘super’ dengan kemampuan diatas rata-rata manusia biasa.  Namun bukan itu saja yang membuat penonton terkejut.

Diakhir film, kita dikejutkan dengan cameo dari Bruce Willis. Tetapi bukan sekedar cameo, Willis dalam film ini berperan sebagai David Dunn, karakter utama dari film Unbreakable di tahun 2000 yang juga di sutradarai oleh Shyamalan. Ini berarti Split dan Unbreakable berada dalam satu cinematic universe yang sama, dengan itu juga, Shyamalan mengumumkan jika dirinya akan membuat film gabungan antara Split dan Unbreakable yang berjudul Glass dan direncanakan rilis pada tahun 2019 mendatang.


2. Die Hard & Ricochet

On Pic : Die Hard

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika film Die Hard yang dibintangi oleh Bruce Willis dan Richochet yang dibintangi Denzel Washington merupakan bagian cinematic universe yang sama. Karena memang tidak banyak petunjuk yang secara gamblang menyebutkan hal tersebut. Namun ternyata, produser film Die Hard dan Ricochet, Joel Silver memiliki ide untuk membuat dua film aksi ini berada dalam satu universe.

Link penyambung kedua film ini adalah seorang anchor news ( pembawa berita ) yang diperankan oleh aktris bernama Marry Ellen Trainor bernama Gail Wallens. Perannya dalam dua film ini memang tidak besar, namun Gail Wallens menjadi bukti jika Die Hard dan Ricochet berada dalam dunia yang sama, yang tentu bukan suatu kebetulan jika diperankan karakter dan bekerja di stasiun tv yang sama.


3. Django Unchained & Killbill

On Pic : Django Unchained

Kedua film ini disutradarai oleh Quentin Tarantino, namun berbeda generasi. Jika Django Unchained terjadi di abad 20, maka Killbill berada di abad 21. Kuncinya adalah karakter yang diperankan oleh Christoph Waltz dalam film Django Unchained, yaitu Dr. King Schultz, mantan dokter gigi yang berhenti menjadi dokter karena sebab yang misterius dan beralih profesi menjadi bounty hunter.

Namun teori menyebutkan, sebab Dr. King Schultz berhenti menjadi dokter gigi adalah kematian istrinya. Ia merasa terpukul dan beralih profesi. Lalu apa hubungannya dengan Kill Bill? Dalam satu adegan dimana Beatrix Kiddo dikuburkan hidup-hidup dalam sebuah makam, nisan dimakan tersebut tertera nama Paula Schultz, yaitu istri dari Dr. King Schultz. Apalagi tanggal kematiannya sesuai dengan timeline dalam film Django Unchained.


4. Star Wars  & E.T. ( The Extra Terrestrial )

Steven Spielberg dan George Lucas bisa dibilang merupakan dua sutradara paling visioner di zamannya. Keduanya seolah saling bersaing dengan film-film yang mereka buat. Namun untuk genre sci-fi, tampaknya mereka ingin saling terhubung dengan mengaitkan universe dari franchise Star Wars dan E.T.

Hal ini terlihat dalam sebuah adegan di film Star Wars : The Phantom Manace ( Episode I), dimana Padme yang menghadiri rapat intergalaksi berbicara di hadapan para dewan dari setiap ras, planet, dan galaksi. Dan salah satu dewan yang tampak ikut hadir adalah wakil dari ras yang sama di film E.T. Dua film ini memang memiliki fans fanatik tersendir, tentunya keterkaitan kedua franchise ini memuat para penggemarnya berteriak antusias.


5. Machete & Spy Kids

Dari seluruh list film diatas, mungkin ini yang paling tidak kita duga. Dimana Machete, film yang dibintangi oleh Danny Trejo yang berdarah-darah dan Spy Kids, film mata-mata yang penuh fantasi saling berhubungan. Link keduanya tentu adalah Danny Trejo yang memerankan tokoh dengan nama yang sama, Machete. Dalam film Spy Kids, Trejo adalah paman dari dua tokoh utama, Carmen Cortez, Juni Cortez, yang terasing dari dunia mata-mata, disebutkan jika Trejo memiliki usaha sampingan dengan mengelola toko mata-mata.

Namun perannya dalam film Spy Kids dirasa terlalu minimal, maka sang sutradara, Robert Rodriguez ‘iseng-iseng’ membuat sebuah trailer yang menampilkan kehidupan lain Danny Trejo sebagai Machete dalam film Spy Kids. mendapat respon yang baik, Robert kemudian melanjutkan proyek ini lebih serius dengan film Machete yang rilis pada tahun 2010 dan memiliki suasana yang jauh berbeda dari Spy Kids.

Nah, itu dia beberapa film yang tanpa kita duga memiliki cinematic universenya sendiri Geeks. Kalian punya referensi lainnya? Yuk share di kolom komentar!

  • fairuz

    duluan marvel kali dg iron man 2008 broooo

  • Farhan

    Buat atas ane 👆,keep goblok 👏👏

  • akhaire

    anak baru tau film biasa bre. doi kagak tau starwars dan ET.
    btw film split blum nonton. mayan buat ngisi weekend.