Para Bintang Yang Pernah Alami Depresi Berat

Created By :
Via is reader, writer, and music playlist consultant for Greenscene.co.id, she is our little sister.

Depresi tidak hanya menyerang orang pada umumnya. Depresi pun kerap dialami oleh para selebriti, bahkan resiko seorang selebriti lebih tinggi karena jadwal kerja yang padat dan tekanan dari banyak aspek. Tidak jarang mereka berpikir untuk melakukan bunuh diri akibat setres dan gangguan mental lainnya.

Geeks, kepopuleran dan kekayaan tidak menjadi jaminan semua hal akan baik baik saja. Seperti para selebriti Hollywood dibawah ini yang pernah menderita gangguan kesehatan mental. Kita simak selngkapnya dibawah ini:


Jean-Claude Van Damme 

Aktor yang dikenal dengan penampilannya yang gagah bertubuh kekar, Jean-Claude Van Damme ia didiagnosa mengidap Rapid-Cycling Bipolar Disease yang menggambarkan dirinya sebagai ‘bipolar ekstrem’, Van Damme sering mengalami perubahan suasana hati yang sangat parah ini bisa menakutkan bagi orang-orang terdekatnya.

Saat remaja, Van Damme mengatakan bahwa ia mengalami depresi berat yang ia lakukan untuk mengatasinya melalui latihan fisik dengan bela diri dan balet. Terinspirasi oleh bintang film laga Arnold Schwarzenegger, Van Damme memulai karir akting dan karya filmnya pada tahun 1988 ia menjadi bintang film Bloodsport, diwaktu yang sama ia merusak karirnya sendiri. Ia menikah empat kali dan mulai mengkonsumsi kokain ditahun 1993, ia menggunakannya 10gram dalam sehari. Van Damme menjalani rehabilitasi tahun 1996 untuk perawatan kecanduan zat terlarang. Tidak lama kemudian ia didiagnosis dengan kelainan Rapid-Cycling Bipolar Disease dan ditempatkan pada sodium valproate, yang ia sebut ‘that simple salt’.

Ketika Van Damme dalam kecanduan kokian, ia mengatakan “ini menjadi titik dimana sata ingin mati, saya tidak memiliki alasan untuk hidup. Mungkin egois untuk mengatakan itu, tapi saya tidak senang dengan apapun, maka kalian harus menemukan kembali harga diri kalian untuk menjadi berharga kembali. Obat-obatan adalah masalah dengan diri sendiri yang harus disembuhkan”.   


Jim Carrey

Depresi yang dialaminya itu disebabkan setelah kematian mantan pacarnya, Cathriona White yang membuat ia seolah-olah tersambar ‘petir’. Bahkan di beberapa film ia perlu mendapatkan suntik adrenalin untuk melakukan perannya. Ia juga menghindari minuman beralkohol dan stimulan, “saya jarang meminum kopi. Saya sangat serius menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang. Hidup ini terlalu indah”. Dia menggambarkan dirinya sebagai seorang yang spiritual tapi tidak religius.

Aktor Jim Carrey ini pernah mengonsumsi Prozac untuk menjaga keseimbangan kesehatan mentalnya ‘saya sudah lama mengkonsumsi Prozac. Ini membantu saya untuk memberikan efek sebentar, tapi banyak orang yang menjadi ketergantungan. Kalian tahu semuanya akan baik-baik saja’ katanya. Prozac adalah salah satu obat-obatan untuk mengatasi depresi.


Ashley Judd

Bintang film ‘Divergent’ ini pernah mengalami depresi. Hal itu diungkapkannya dalam sebuah memoirnya yang berjudul ‘All That Is Bitter & Sweet’ yang ia terbitkan pada 2011. Ashley Judd mengungkapkan bahwa ia hampir ingin melakukan bunuh diri dan pernah menjalani rehabilitasi selama 47 hari untuk depresi dan masalah emosionalnya  pada tahun 2006 di Texas. Dia mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Today, berikut dibawah ini Geeks:

“saya benar-benar tergolong gila dan sekarang saya bisa mendapatkan solusinya. Dan bagi mereka yang menderita depresi, ada solusinya”.

Selain menjalani pengobatan rehabilitasi, Ashley juga melakukan banyak kegiatan amal, seperti membantu para yatim piatu dan mereka yang kurang beruntung di dunia ini. Kegiatan kemanusiaan yang dilakukannya ini membantu dirinya untuk berdamai dengan masa lalunya.


Catherine Zeta-jones

Kisah berikutnya datang dari aktris pemenang Academy Award Catherine Zeta-jones, ia mempublikasikan penyakit gangguan bipolar disorder tipe II pada April 2011 lalu yang menyebabkan dia terkena despresi parah. Ia kembali menjalani kehidupannya setelah melakukan penyembuhan dengan psikiater, meditasi, olahraga, tidur cukup, dan menjaga suasana hati. Tindakannya ini menuai banyak pujian karena telah membuka pemikiran mengenai pentingnya kesehatan mental saat itu dan perlunya mencari pertolongan lebih awal.


Owen Wilson

Di balik kepribadiannya yang santai dan lucu, aktor Owen Wilson ternyata menyimpan sisi gelap yang kemudian terungkap setelah diberitakan bahwa ia melakukan percobaan bunuh diri pada 2007. Beberapa selebriti yang pernah bermain dalam satu film dengannya merasa kaget, namun bagi teman-teman dekatnya merasa itu hal wajar kalau Owen memiliki suatu hal yang tidak diketahui publik. Depresi, stres karena adanya tekanan untuk selalu sempurna, hingga kecanduan obat terlarang membuat ia sempat direhabilitasi setidaknya dua kali. Owen Wilson akhirnya sembuh hampir tiga bulan kemudian setelah menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat terdekat.

Geeks, inilah beberapa kisah aktris dan aktor Hollywood yang pernah mengalami gangguan kesehatan mental. Gimana menurut kalian? Tulis komentar kalian dibawah ini ya.