[ Extended ] Inilah Berbagai Momen Saat Thor Kehilangan Mjolnir!

Tell your friends :

Para Geeks pasti sudah tidak sabar untuk menunggu film superhero satu ini bukan? Thor : Ragnarok, dipastikan menjadi film terakhir Marvel Studios di tahun 2017 ini. Berbagai materi promosi pun telah kita dapatkan, dan dari berbagai trailer dan materi lainnya, tentu banyak sekali faktor yang membuat kita semua penasaran dengan film ketiga Thor ini. Seperti misalnya, dalam film ini Thor akan kehilangan salah satu senjata terkuat dalam Marvel Universe, yaitu Mjolnir!

Tapi ternyata, selain dalam filmnya yang baru akan rilis beberapa bulan lagi, ternyata dalam versi komik Thor sempat beberapa kali kehilangan senjata andalannya itu Geeks! Penasaran kan? Yuk kita bahas momen-momen dimana Thor kehilangan Mjolnir. check this out Geeks :


Hancur oleh The Destroyer

Event : Journey Into Mystery #118-119 (1965)

Armor dari The Destroyer telah banyak membantu Thor dalam banyak pertempuran dan bisa jadi salah satu sekutu terbaiknya. Namun semuanya bergantung pada siapa yang ada di dalam armor yang tidak bisa dihancurkan itu. Dalam event Journey Into Mystery #118 terlihat bagaimana kehebatan The Destroyer dimana dengan sihirnya Loki memperalat The Destroyer untuk menghancurkan saudaranya Thor. Dalam event ini terlihat The Destroyer dapat bertarung secara seimbang melawan si dewa petir.

Saking sengitnya The Destroyer mampu melempar balik Mjolnir dan membelahnya menjadi dua dengan ledakan yang kuat dari kedua tangan nya. Dengan hancurnya Mjolnir membuat Thor kewalahan. Pada saat itu juga Thor menemukan bahwa Mjolnir yang rusak menjadi sulit di prediksi dan dikendalikan.

Setelah menaklukan The Destroyer, Thor membawa palu nya ke sebuah pandai besi di Pittsburgh  dan memperbaikinya sendiri, setelah event ini Thor tidak menggunakan Mjolnir dalam beberapa saat.


Pertempuran melawan Molecule Man

Event : The Avengers #215 – 216 (1982)

 

Molecule Man adalah salah satu dari musuh paling kuat yang pernah dihadapi Avengers. Tentu saja karena pada dasarnya dia memiliki kemampuan untuk menulis ulang realitas dengan kekuatan nya, dan dia adalah sumber kekuatan yang mendorong Battleworld dalam event Secret Wars.

Avengers mengakui betapa kuatnya musuh ini saat Silver Surfer dengan tidak sengaja membawa Molecule Man kembali hidup dalam The Avengers # 215. Molecule Man dengan mudah menglahkan Silver Surfer sebelum mengalihkan perhatiannya ke Avengers. Thor segera menemukan bahwa kekuatan mengubah realitas Molecule Man dapat menghancurkan semua bentuk menjadi sebuah partikel, bahkan senjata yang dibuat oleh para dewa, saat Mjolnir lenyap di depan matanya (bersama dengan papan Silver Surfer, armor Iron Man dan perisai Captain America).

Lucunya, Donald Blake (Thor) berhasil mengalahkan Molecule Man di mana pada saat ia menjadi Thor sendiri gagal. Blake meninju Molecule Man tepat di wajahnya, memaksanya menghadapi kenyataan dari rasa sakit. Pada akhirnya Molecule Man setuju untuk menyerahkan diri dan bahkan mengembalikan senjata yang dimusnahkannya.


Debut Beta Ray Bill

Event : Thor #337 – 339 (1983 – 1984)

Sekarang, mungkin sudah banyak tokoh dari Marvel Universe yang pernah meminjam Mjolnir. Namun, dulu pada saat Mjolnir masih menjadi trademark yang tidak bisa dipisahkan dengan Thor, sangat jarang orang yang bisa dengan mudah menggengam Mjolnir dengan bebas. Semua itu bermula saat Beta Ray Bill memulai debutnya pada tahun 1983, semua berawal dari kesalahpahaman yang berakhir pada pertempuran antara Thor dan The Noble Korbinite Beta Ray Bill.

Setelah Bill dapat mengalahkan Thor, ia dapat dengan mudah mengangkat versi tongkat dari Mjolnir (versi tongkat dari Mjolnir adalah bentuk penyamaran dari Mjolnir saat Thor menjadi Dr. Donald Blake). Dan berubah menjadi seorang ksatria dengan kekuatan Thor.

Itu baru pertempuran awal mereka untuk siapa yang lebih pantas memiliki Mjolnir. Pada akhirnya Odin menempatkan kedua pejuang itu dalam sebuah pertarungan yang dirancang untuk menentukan mana dari mereka yang lebih layak untuk menggunakan Mjolnir. Pada akhirnya Bill memenangkan pertempuran itu. Untungnya Odin menemukan solusi bagi keduanya, pada akhirnya Odin menganugrahi Beta Ray Bill dengan Palu baru bernama Stormbreaker.


Pertempuran Melawan Exitar

Event : Thor #388 (1988)

 

Celestial berada pada level yang cukup tinggi dalam hierarki makhluk kosmis di alam semesta Marvel. Thor menghadapi salah satu tantangan terberatnya saat dia melawan salah satu Celestial yang dikenal sebagai Exitar karena nasib planet alien yang disebut Pangoria sedang dalam bahaya. Dengan sekuat tenaga, Thor hanyalah seekor nyamuk dibandingkan dengan kekuatan besar Exitar.

Sang Dewa Petir tidak punya pilihan selain mengumpulkan setiap ons kekuatan dari Mjolnir dan melepaskannya dalam satu pukulan mematikan. Dia berhasil menembus armor Exitar, sekaligus menghancurkan Mjolnir. Masih bertekad untuk memenangkan pertarungan itu, Thor dan Mjolnir yang hancur melancarkan serangan akhir ke otak Exitar yang terbuka.

Keberanian Thor membuat para Celestial terkesan, hingga pada akhirnya mereka menilai Thor “Worthy” (Layak) dan mengembalikan Mjolnir sehingga ia dapat kembali menyelamatkan dunia dari bahaya.


Asgard Disassembled

Event : Thor Vol. 2 #80 – 85 (2004)

 

Alur cerita Avengers Disassembled bertujuan untuk mencatat hari paling gelap dalam sejarah Pahlawan Super di Bumi. Meskipun Thor bukanlah tokoh utama dalam cerita ini, bisa dikatakan bahwa dia dan rekan-rekannya Asgardians memiliki kisah lebih buruk dari siapa pun dalam event ini. Tentu saja, dalam event ini mereka dihadapkan dengan ketakutan terbesar mereka dalam sebuah alur cerita yang bernama “Ragnarok”.

Semuanya berubah menjadi sangat gelap dalam event ini, dimana Loki melacak sebuah tempat yang menciptakan Mjolnir dan menugaskan untuk membuat beberapa senjata dengan logam Uru demi rencananya mengahancurkan Asgard. Dalam pertengahan kisah dimana Loki dan pengikutnya menyerang Asgard. Sebuah benturan keras dimana Thor yang pada akhirnya menyadari bahwa Mjolnir tidak bisa menyerang senjata dewa lain tanpa menyebabkan konsekuensi yang fatal, Mjolnir harus kembali hancur berkeping – keping, meninggalkan Thor tanpa sebuah senjata untuk melindungi Asgard.

Thor mengalami kesengsaraan yang luar biasa disepanjang jalannya alur cerita ini, bahkan ia terpaksa merobek matanya sendiri dan mengulangi ritual yang dilakukan Odin untuk mendpatkan sebuah kekuatan yang luar biasa. Thor muncul lebih kuat dari sebelumnya, tapi bahkan dengan Mjolnir yang kembali diperbaiki pun dia tidak bisa mencegah kehancuran Asgard yang tak terelakkan. Thor harus puas dengan kenyataan bahwa ia akhirnya mengakhiri sebuah siklus dari kematian dan kelahiran kembali yang memberi makan makhluk kosmik yang dikenal sebagai “Those Who Sit Above in Shadow”. Setelah kemenangan itu dia mendapatkan sebuah istirahat panjang yang layak. Thor tidak akan muncul lagi di alam semesta Marvel selama hampir tiga tahun.


Pertarungan Melawan Bor

Event : Thor #600

 

Dengan berakhirnya Event “Ragnarok,” Marvel tidak meluncurkan kembali komik Thor mereka sampai tahun 2007. Thor kembali sebagai penguasa baru dari Asgard, yang sekarang berlokasi di sebuah kota terapung di pedesaan Oklahoma. Untuk sementara, Thor mengabdikan dirinya untuk melacak sesama rekan dewanya (yang semuanya bereinkarnasi ke dalam tubuh manusia) dan membangun kembali kerajaannya yang telah jatuh.

Seperti biasa, Loki menunjukkan hal yang sangat tidak diinginkan semua orang. Loki membangkitkan kakek dari Thor, Bor, dan mencuci otaknya untuk percaya bahwa Thor adalah sosok iblis jahat. Bahkan dengan kekuatan barunya yang sangat besar, Thor bukanlah tandingan bagi salah satu Asgardians terkuat yang pernah hidup. Hingga pada akhirnya satu satunya cara adalah dengan memanggil kekuatan penuhnya untuk bisa menjatuhkan Bor.

Sayangnya geeks, itulah yang diinginkan Loki. Tidak hanya pukulan terakhir dari Thor yang membuat Mjolnir kembali patah. Thor pun melanggar salah satu peraturan Asgard yang paling suci dengan menyerang seorang anggota keluarga kerajaan Asgardian. Itu menyebabkan sang dewa petir pergi ke pengasingan, meninggalkan Balder yang rentan (dan mudah dimanipulasi) untuk menggantikannya dalam memerintah Asgard.

Berkat bantuan Dokter Strange, Thor berhasil memperbaiki palunya yang patah sekali lagi. Namun, Thor terpaksa memindahkan sebagian dari kekuatan nya sebagai dewa dalam palu. Itu berarti hubungan Mjolnir dan penggunanya nya bahkan lebih terkait erat. Jika  pada akhirnya Mjolnir hancur lagi, maka kehidupan Thor pun akan berakhir.


Unworthy Thor

Event : Original Sin #7 (2014)

 

Dalam sebuah Mini Seri bertajuk Original Sin memperkenalkan salah satu misteri terbesar dalam kehidupan Thor. Ini berawal ketika Avengers menghadapi Nick Fury atas perannya dalam pembunuhan The Watcher, Fury berhasil menaklukkan Thor dengan membisikkan sesuatu di telinganya. Sementara para pembaca tidak mengetahui apa yang dikatakan Fury pada saat itu, namun kata-kata Fury sudah cukup untuk mengalahkan Thor dan meninggalkan Mjolnir di bulan tanpa bisa mengangkatnya lagi.

Semenjak itu Thor mengalami beberapa hal yang sangat berat di kehidupan nya. Dia kehilangan lengannya pada saat melawan Frost Giant dan menyaksikan seorang wanita misterius (akhirnya terungkap bahwa ia adalah Jane Foster) menggantikan nya sebagai dewa petir dengan mengangkat Mjolnir. Dengan ini dia kehilangan gelarnya sebagai Thor dan mengubah julukan nya sebagai Odinson. Sebagai pengganti Mjolnir, dia sekarang memegang sebuah kapak yang disebut Jarnbjorn, yang dulunya adalah senjata yang ia gunakan pada hari-hari sebelum ia layak menggunakan Mjolnir. Dia bukan lagi seorang dewa, Namun Odinson masih memiliki kekuatan yang harus diperhitungkan.

Nah, itu dia berbagai momen saat Thor kehilangan Mjolnir dalam versi komik, ada yang ketinggalan Geeks? Yuk tambahin di kolom komentar dibawah ini.

 

Writer for Greenscene.co.id, i’d love every genre of movies but specially, i’m nolan fans.
More posts:
Tell your friends :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *