5 Film Terbaik Yang Pas Banget Ditonton Saat Ramadhan

Haloo Geeks! Karena kali ini kita sedang memasuki moment bulan suci Ramadhan, kita bakal ngebahas beberapa film yang mengandung unsur religi khususnya muslim didalamnya, yang cocok banget ditonton buat nunggu bedug buka puasa. Semoga watchlist kali ini bisa membuat kita bisa makin maksimal dalam menjalankan ibadah dalam bulan suci Ramadhan kali ini. So here they are :


1. Arabian Night (2000)


Bagi kalian yang sudah membaca buku tentang kisah 1001 malam pasti ga akan asing sama film ini, yup film ini adalah adaptasi dari sebuah buku dengan judul yang sama. Film yang sangat – sangat menarik ini menceritakan tentang perseteruan Raja dan adik kandungnya sendiri, sang sultan yang menikah dengan wanita bernama Scherazade. Dalam film ini kita dibawa memasuki dimensi yang berbeda dengan kepandaian Scherazade dalam mendongeng, kita bisa melihat beberapa kisah terkenal seperti Ali Baba, Aladdin, dan beberapa kisah lainnya yang maknanya sungguh dalam. Meskipun nuansa Islami begitu kental disini karena ber-setting di suatu negeri di Arab, namun kita juga disuguhkan dengan panorama indah dari negri lainnya. Meskipun berdurasi lumayan panjang hampir sekitar 4 jam, namun kita tidak akan bosan dan malah dibuat terhanyut didalamnya. Arabian Night adalah salah satu film yang wajib Geeks! tonton jika menyukai berbagai hal tentang kisah fantasy dan dongeng.


2. Lion Of The Dessert (1981)


Salah satu film klasik yang di sutradarai oleh Moustapa Akkad ini bercerita tentang pahlawan Libya Omar Mokhtar dalam melawan invasi Italy pada masa sang dictator Benito Mussolini. Omar Mukhtar yang diperankan oleh Anthonny Quinn harus berperang dengan pasukan Italy pimpinan General Rodolfo Graziana yang diperankan oleh Oliver Reed, keberanian Omar Mukhtar yang memimpin pasukan Libya dengan senjata seadanya ini membuat dia dijuluki Singa padang pasir. Kita akan diperlihatkan bagaimana gagah dan beraninya Omar Mukhtar menahan gempuran Invasi Italy selama hampir 20 tahun, dia terus berjuang melawan ambisi dari Mussolini dan Graziana yang ingin mengembalikan kejayaan Romawi di tanah islam Libya, meskipun akhirnya tertangkap dan di eksekusi, perjuangan Omar Mukhtar memperlihatkan kekuatan seorang muslim yang tidak gentar oleh apapun.


3. Ali ( 2001 )


Dari judulnya mungkin kita sudah bisa menebak bahwa film ini adalah sebuah film biografi yang menceritakan seorang petinju legendaris bernama Muhammad Ali. Film garapan Michael Mann ini diperankan dengan sangat – sangat baik oleh aktor Will Smith sehingga membuat Smith mendapatkan nominasi Oscar sebagai Aktor utama terbaik pada tahun 2002. Meskipun hanya menceritakan 4 pertandingan terpenting dalam hidup Ali film ini mampu memperlihatkan sisi lain seorang Muhammad Ali sebagai seorang Mualaf dan kehidupan pribadi Ali yang menganggap dirinya sebagai seorang muslim yang gagal karena terlalu mudah mencintai seorang wanita. Tapi dalam film ini kita juga diperlihatkan keimanan dan keteguhan hati seorang Ali yang meskipun ditentang oleh keluarga, terutama ayahnya. Ali berani mengubah nama dari Cassius Marcelus Clay Jr. menjadi Muhammad Ali dan memberitahu keluarganya bahwa dia sudah menjadi seorang Muallaf. Salah satu bukti keimanannya pun diperlihatkan ketika Ali menolak untuk mengikuti wajib militer ketika Amerika berperang melawan Vietnam, sehingga membuat Ali harus di penjara dan gelar juaranya harus dicabut .


4. The 13th Warrior ( 1999)


Film yang dibintangi oleh Antonio Banderas ini merupakan salah satu film yang meng-expose kehidupan seorang muslim pada zaman dahulu. Meskipun kita akan disuguhkan dengan budaya dari bangsa Viking yang diberi julukan “ North man”, Antonio Banderas yang memerankan karakter Ahmed bin Fahdlan bin Al Abbas bin Rasid seorang muslim yang diasingkan dari Arab dan ditunjuk untuk melakukan sebuah perjalanan ini malah menemui takdirnya sebagai orang yang harus membantu sekelompok pasukan Viking berperang melawan sebuah suku bar-bar di sebuah pulau. Dalam film ini kita akan melihat bagaimana sang “Arab” julukan Antonio Banderas yang diberikan oleh para Northman bertindak sebagai seorang muslim yang taat, dia menolak meminum anggur, bertindak santun dan dalam beberapa scene memperlihatkan Ahmed dengan lantang dan fasih mengucapkan kalimat syahadat. Salah satu scene yang begitu menyentuh adalah scene ketika para pejuang ini harus berperang dengan para kaum bar-bar dan dalam keadaan genting Ahmed masih sempat untuk melaksanakan Sholat dan memohon perlindungan pada Allah agar bisa memenangkan peperangan.


5. Kingdom Of Heaven


Salah satu film penyejuk setelah tragedi 9/11 ini menjadi salah satu film yang memperlihatkan betapa damainya agama islam. Film yang  berlatar ketika terjadinya perang salib antara Kristen dan Islam ini secara garis besar memperlihatkan tentang perebutan kota Jerussalem, film garapan Ridley Scott ini nyatanya adalah film yang dibuat tanpa adanya seorang muslim yang terlibat sebagai seorang aktor maupun crew didalamnya. Hal lain yang mebuat film ini begitu menarik adalah tidak adanya stereotipe Hollywod tentang “islamophobia” didalamnya, namum malah memperlihatkan sisi positif agama islam. Film yang diperankan oleh Orlando Bloom ini justru memperlihatkan pasukan salib yang digambarkan sebagai tentara yang bar-bar, tidak taat beretika perang dan cukup ceroboh, dan memperlihatkan tentara muslim yang beretika perang, menghargai hak azasi manusia dan cerdik. Film ini juga memperlihatkan salah satu tokoh besar umat islam yaitu Salahudin Al Ayubi yang digambarkan sebagai seorang pemimpin yang cerdas, menghormati lawannya dan penuh cinta kasih. Film yang rilis tidak lama setelah kejadian 9/11 ini bisa menjadi salah satu film yang mengubah paradigma tentang “islamophobia” dan memperlihatkan bahwa islam menyebarkan perdamaian dan cinta kasih didalamnya, tidak ada pemaksaan sama sekali, sama seperti scene terakhir dari film Kingdom of Heaven yang memperlihatkan Salahudin yang tetap membiarkan bangunan gereja di Jerussalem tidak dirobohkan dan memberi kebebasan semua orang untuk memeluk agamanya.

 

More posts:

Fahmy Anugrah

a humble servant, an entrepreneur ,movie enthusiast, follow me on my instagram @fyanugrah

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz