5 Film Classic Dengan Special Efek Yang Luar Biasa

Special Effect adalah salah satu unsur yang membuat film menjadi menarik. Karena melalui special effect akan membuat film lebih terasa lebih nyata, sehingga membuat penonton yang merasa tidak mungkin, terasa mungkin. Seiring perkembangan zaman special effect mulai bertambah canggih, ini tentu mempengaruh film-film kualitas sekarang dan dulu yang terasa sangat berbeda. Namun tidak semua film classic memiliki special effect yang cukup buruk, dan kali ini Greenscene bakal ngerilis 5 film classic dengan special effect luar biasa, So Check it out:


5.The Ten Commandments (1956)


The Ten Commandments adalah film tahun 1956 yang mendramatir kisah Musa. Film ini dirilis oleh Paramount Pictures pada 5 Oktober 1956. Sebuah film dengan budget yang sangat besar pada zamannya dimana biaya produksi jika di itung pada era modern ini mencapai 116 juta dollar. Ini cukup wajar karena disini Paramount ingin menampilkan sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya. Untungnya Paramount mampu membuat hal itu terjadi. Ini terjadi ketika penonton di perlihatkan bagaimana saat laut merah membelah menjadi dua. Untuk membuat hal ini terjadi tim produksi film ini membutuhkan waktu hingga enam bulan dan membutuhkan air hingga 360.000 galon untuk mengisinya dalam sebuah tangku berbentuk huruf U, yang kemudian menampilkan rekamannya secara terbalik dan di rekayasa sedemikian rupa hingga terlihat nyata. Dan film ini juga menjadi pelopor bahwa sebuah film bisa menjadi sesuatu yang nyata bila di olah dengan sedemikian rupa, karena itu berkat film ini banyak film lain banyak yang menggunakan efek khusus dalam setiap filmmnya.


4.An American Werewolf In London (1981)


An American Werewolf In London adalah sebuah film yang memiliki efek special yang sangat luar biasa sampai saat ini. Salah satu film klasik dimana film menceritakan kisah dua orang turis Amerika yang berkunjung ke Inggris, namun di tengah perjalanan, mereka di serang oleh manusia serigala, tapi dari pengakuan penduduk setempat tidak ada yang namanya manusia serigala. Mungkin mendengar sinopsisnya saja ini akan menjadi sebuah film yang biasa, apalagi film ini di kembangkan pada era 80’an dimana saat itu special effect belum secanggih sekarang. Namun movie geek pasti akan terbelalak ketika melihat adegan transformasi yang menampilkan perubahan seorang manusia menjadi manusia serigala. Adegan tersebut menjadi legendaris sampai sekarang, bahkan membuat para penonton tidak akan bisa melupakan adegan tersebut. Ini tentu sebuah pekerjaan yang sangat sulit bagi tim special efek film ini, karena mereka harus menggunakan kombinasi animatronic dan fotograpi untuk menggambarkan adegan tersebut agar terlihat realistis.


3.Blade Runner (1979)


Tidak seperti kedua film sebelumnya, Blade Runner bukanlah sebuah film yang menampilkan special efek yang megah dan mahal, namun film ini akan menampilkan sebuah tontonan dengan banyak coloring yang cukup memanjakan mata. Ini tentu memungkinkan bagi Ridley Scott dan sinematrogrfer Jordan Cronenweth lebih mudah menyampaikan visi dan gagasan yang di sampaikan dalam film ini. Degan film yang benar benar sebagian besar adalah special efek, membuat film terasa sangat realistis. Film ini sendiri mengisahkan zaman paada tahun 2019 dimana manusia sudah mampu membuat sebuah teknologi yang sejenis dengan kloning. Kloningan yang disebut Replicant tersebut adalah sebuah tiruan manusia yang mempunya keunggulan-keunggulan dibandingkan manusia baik dari segi fisik ataupun kepintaran. Tapi ternyata kepintaran dan keunggulan tersebut menyebabkan terjadinya pemberontakan oleh para Replicant. Untuk menghentikan pemberontakan tersebut dibentuklah sepasukan pemburu bernama Blade Runner yang bertugas menangkap Replicant untuk kemudian dibuang dan diasingkan keluar Bumi.


2.Alien (1979)


Dibandingkan dengan film fiksi lain pada zamannya, seperti Star Wars, Alien adalah film yang sangat lembut. Sebagian besar film di lingkungan yang cukup sempit, dan beberapa adegan eksterior di dalam film biasanya di selimuti kabut dan kegelapan. Ini bukanlah film berskala besar, dengan contoh special effek yang paling terkenal. Namun yang membuat film ini spektakuler yaitu dimana design unik dari alien yang pada zama itu masih dalam bayangan. Apalagi ketika alien keluar dari dada seorang pria, dan meneror seluruh kru dalam pesawat tersebut, gerakan anehnya yang realistis membuat rasa takut yang luar biasa bagi para penontonnya. Film yang menceritakan kisah sebuah pesawat kargo ruang angkasa yang diserang oleh makhluk mematikan yang mulai menggerogoti para kru nya ini cukup menjadi tontonan wajib bagi movie geek yang ingin menyaksikan salah satu film klasik dengan special efek modern.


1.Terminator 2: Judgment Day (1991)


Jika film ini di produksi hari ini, mungkin tidak akan terlalu banyak tantangan berarti. Film yang ditahunkan pada tahun 1991 ini menjadi pelopor gagasan film yang di hasilkan oleh computer, ini tentu menjadi sebuah perjudian besar besar, karena saat itu computer tidak disukai oleh kebanyakan studio. Komputer di kenal sebagai sebuah teknologi yang mahal, dana tak seorang pun berani untuk mengambil resiko karena belum banyak orang yang mampu menguasai teknologi tersebut. Namun James Cameron mematahkan semua pendapat tersebut, dan berhasil meyakinkan semua orang bahwa dirinya mampu melakukan hal yang tidak mungkin. Dengan anggaran special efek yang lebih besar, Cameron dan ILM menciptakan sesuatu secara devinitif bahwa CGI adalah sebuah masa depan. Geeks pasri tidak akan pernah melupakan peran animatronic praktis di Terminator 2, tapi efek CGI ini benar-benar menentukan warisan special efek nantinya. Design T-100, khususnya tetap menjadi salah satu prestasi terbesar di bidang special efek. Dan anehnya film ini selalu terlihat lebih baik daripada film modern sekarang. Film ini sendiri menceritakan kisah seorang Terminator masa depan yang ditugasi dengan sebuah misi untuk membunuh putra Sarah, John Connor. Cyborg, yang dulu memburu Sarah, kini telah ditugaskan untuk melindungi hidup ibu dan anak ini.

Writer for Greenscene.co.id, i’d love every genre of movies but specially, i’m nolan fans.
More posts: