Mengenal Planet Hulk Dalam Film Baru Marvel, Thor : Ragnarok

Created By :
Founder and content creator of Greenscene.co.id and head of film critic. Meet me on instagram for my own mini movie review.

Baru saja kita mendapat berita tentang keterlibatan Hulk dalam film Thor : Ragnarok melalui sinopsis resminya yang dirilis oleh Disney dan Marvel. Dalam sinopsis tersebut juga secara tidak langsung menyebutkan eksistensi Planet Hulk yang menariknya akan terdapat dalam film stand alone Thor. Hal ini telah menjawab beberapa pertanyaa movie holic mengenai keberadaan Hulk pasca kejadian dalam Avengers : Age of Ultron, ia seperti tidak menunjukan batang hidungnya terlebih saat terjadi konfrontasi antara Captain America dan Iron Man dalam Captain Americal : Civil War.

Add Friend
Petunjuk keberadaan Hulk bersama Thor sebenarnya sudah kita ketahui saat Marvel merilis sebuah promosi video pendek bersamaan rilisnya film Doctor Strange, hanya saja saat itu Marvel memang belum mengkonfirmasi secara resmi keberadaan Hulk atau Planet Hulk dalam film Thor selanjutnya.

Sekarang, setelah dengan resmi Marvel mengkonfirmasi keberadaan Hulk dan Planet Hulk, tentu para fans lebih antusias lagi menunggu perilisan film Thor Ragnarok, tetapi mungkin beberapa movie holic belum mengetahui apa itu Planet Hulk, dan bagaimana Hulk bisa terdampar disana. Maka dalam rubrik GS Extended kali ini kita akan membahas berbagai detail mengenai Planet Hulk baik dari sisi origin story ( komik ) atau teori kemungkinan yang akan terjadi dalam film Thor : Ragnarok kelak, well, check this out movie holic :

BACKGROUND STORY

Planet Hulk bukanlah Planet yang berisi Hulk atau sejenisnya, namun Planet Hulk adalah sebuah Planet bernama Saakar, Planet yang berpenghuni makhluk-makhluk menyeramkan dibawah tirani seorang raja yang kejam. Dalam versi komiknya, Hulk terjebak ke Planet Saakar akibat kerusakan yang ditimbulkannya di bumi. Amarahnya begitu sulit untuk dikontrol sehingga sebuah kelompok superhero bernama Illuminati yang berisi Iron Man, Mr. Fantastic, Black Bolt, Namor dan Stephen Strange memutuskan untuk melenyapkan Hulk.

Rencana tersebut kemudian diserahkan kepada Nick Fury (Direktur Shield), yang memerintahkan Bruce Banner untuk menghancurkan sebuah satelit jahat buatan Hydra yang bisa memerintahkan penghancuran semua nuklir yang ada dibumi , maka berangkatlah dia dengan pesawat menuju satelit yang dimaksud, setelah sampai di satelit,  Banner justru hanya menemukan kru yang meninggal dan sebuah super komputer yang mencoba untuk membunuh Hulk namun gagal. Hulk menjadi marah setelah tahu Satelit dan Super computer itu hanyalah akal-akalan Nick Fury untuk melenyapkanya. Akhirnya Pesawat Hulk tersedot kedalam sebuah portal Black hole dan Hulk terlempar ke Planet Saakar.

Add Friend
Namun dalam versi live action tentu akan memiliki kejadian yang berbeda, dalam versi film belum terdapat kelompok Illuminati dan Nick Fury telah turun menjabat sebagai Direktur Shield, justru Hulk lah yang mengasingkan diri ke tempat yang sampai saat ini belum diketahui. Tetapi jika boleh sedikit menebak, terdapat dua kemungkinan mengapa Hulk bisa terdampar di Planet Saakar. Salah satunya adalah faktor Doctor Strange yang juga akan beraksi dalam film Thor Ragnarok, dengan kemampuannya menembus dimensi atau berpindah tempat dengan cepat, sangat mudah baginya untuk mengirim Hulk ke Planet tersebut, itu pun jika sesuatu terjadi antara Hulk dan Doctor Strange. Faktor kedua adalah Hela, villain utama dalam Thor : Ragnarok. Dalam sinopsis resminya, Thor terjebak di Planet asing dan berpacu dengan waktu untuk kembali menuju tempat asalnya, tetapi sebelum itu ia terpaksa harus melawan Hulk dalam pertarungan ala gladiator. Kemungkinan yang terjadi adalah Hulk dan Thor bersama-sama dikirim menuju dunia lain oleh Hela dan terjebak didalamnya. Namun mereka tidak bisa meninggalkan tempat tersebut dan dipaksa bertarung satu sama lain. Faktor ini mungkin terasa lebih masuk akal tetapi untuk kepastiannya tentu kita harus menunggu perilisannya terlebih dahulu.

GLADIATOR


Setelah terdampar di Planet Saakar, dalam versi komik, Kekuatan Hulk melemah akibat radiasi Portal Black Hole, sehingga Hulk dengan mudah ditangkap dan dijadikan tawanan Raja Saakar (Red King), bersama tawanan yang lain, Hulk dijadikan petarung dalam turnamen gladiator kerajaan dan ia dipaksa untuk melawan makhluk makhluk mengerikan Planet Saakar hanya untuk kesenangan dan hiburan pihak kerajaan. Turnamen tersebut juga digelar sebagai pengancaman kepada rakyat Saakar bila melawan rajanya. Namun dari turnamen tersebut, Hulk bertemu beberapa teman baru dan membentuk tim Warbound bersama gladiators lain seperti Miek, No-name, Brood, Elloe Kaifi, Lavin Skee, Hiroim and Korg.

Tentu versi live action akan memiliki cerita yang berbeda, namun harapan untuk melihat Warbound sepertinya masih akan terjadi, hanya saja dengan Thor di dalamnya. Selain itu relevan atau tidak, kita sudah melihat seorang karakter yang memiliki kemiripan fisik seperti Korg dalam Thor : The Dark World. Meskipun karakter tersebut telah di kalahkan Thor, tetapi setidaknya makhluk dari ras seperti Korg telah eksis di Marvel Cinematic Universe. Seperti yang bisa kalian lihat dibawah ini :

HULK’S LOVER

Dalam suatu cerita dalam komik Planet Hulk, Raja Saakar begitu berang melihat Hulk dan kawan-kawannya menjadi duri dalam kerajaannya, singkat cerita ia menjebak Hulk untuk membunuhnya, Raja juga mengirimkan pasukan dan pengawal pribadinya yaitu Caiera yang memiliki sebuah kekuatan kuno yang maha dahsyat dan belum ada satupun yang dapat menandinginya di Planet Saakar.

Namun melihat keteguhan hati Hulk dan muak atas perilaku keji Raja Saakar, Caiera akhirnya berpihak kepada Hulk dan teman-temanya. Bahkan lebih jauh, Caiera menaruh hati kepada Hulk.

Kemungkinan hal ini terjadi dalam film Thor : Ragnarok masih cukup kecil mengingat fokus utama film ini akan tertuju pada petualangan Thor untuk kembali ke Asgard. Namun jika saja Marvel ingin mengembangkan cerita Hulk lebih luas dan membuat film stand alonenya sendiri, rasanya ini adalah timing yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Entah bagaimana para show runner mengembangkan cerita ini namun tidak menutup kemungkinan jika Hulk akan tetap tinggal di Planet Saakar dan memperjuangkan kemerdakaan para rakyat yang tinggal didalamnya. Karena rasanya sedikit kurang lengkap jika salah satu tokoh legenda Marvel tidak memiliki film stand alone yang berkualitas, mengingat beberapa film Hulk sebelumnya dirasa gagal memenuhi ekspektasi para movie holic.

Well itu dia beberapa detail mengenai kisah Planet Hulk yang akan muncul dalam Thor : Ragnarok, meskipun beberapa hal di atas belum tentu akan diadaptasi dalam versi live action, tetapi tidak ada salahnya berharap untuk melihat skala cerita yang lebih luas lagi untuk menyambut awal dari phase keempat dari Marvel Cinematic Universe kelak. Jadi, bagimana pendapat kalian mengenai apa yang akan terjadi dalam film Thor Ragnarok? Jika kalian memiliki teori lainnya, jangan sungkan untuk meninggalkan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini. Salam movie holic!

  • Wow that was strange. I just wrote an really
    long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear.
    Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyway, just wanted to
    say excellent blog!

  • informasi yang sangat bermanfaat untuk mempersiapkan salah satu film yang paling ditunggu dari MCU..
    tp saya lebih suka nonton filmnya langsung sih, hehe..

  • Pingback: Milana Travis()